Wamenparekraf Sebut PKB Jadi Ajang Promosi pariwisata Bali

Selasa, 18 Juni 2024 : 18.48

 

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo,menyatakan bahwa acara tahunan ini terus menjadi ajang promosi pariwisata Bali.(nik)

INIBALI.COM - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo, menghadiri pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) 2024 bertempat di Renon, Denpasar, Sabtu (15/6/24). Angela menyatakan bahwa acara tahunan ini terus menjadi ajang promosi pariwisata Bali, menampilkan kekayaan budaya Bali selama 46 tahun.

PKB 2024 yang mengusung tema "Jana Kerthi Paramguna Wirakrama" berlangsung dari 15 Juni hingga 13 Juli 2024, melibatkan lebih dari 13 ribu seniman dari 285 lembaga seni di Bali. Acara ini diakui sebagai salah satu dari Top 10 Karisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf 2024.

Pembukaan PKB 2024 diadakan di Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandhi, dengan atraksi gamelan Adi Merdangga dan Tari Siwa Nataraja dari ISI Denpasar. Acara ini dilanjutkan dengan pawai budaya dari sembilan kabupaten/kota di Bali, menggambarkan semangat masyarakat Bali dalam melestarikan budaya.

Angela berharap, melalui tema "Harkat Martabat Manusia Unggul", PKB 2024 dapat memperkenalkan keramahan dan semangat gotong royong masyarakat Indonesia kepada dunia, sehingga menarik lebih banyak wisatawan.

Selanjutnya, acara PKB akan dipusatkan di Taman Werdhi Budaya Bali, Denpasar. Selama sebulan, PKB akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti pergelaran, parade, lomba, pameran, lokakarya, sarasehan, dan pemberian penghargaan seni.

"Antusias wisatawan baik dalam maupun luar negeri juga tidak pernah surut menyaksikan acara ini untuk mengenal Bali lebih dalam," ujar Angela.(nik)