Karena Ini Sekda Badung Semprot Direksi PDAM Badung

Senin, 03 Juni 2024 : 18.51

 

Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa rapat dengan Direksi PERUMDA Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung di Ruang Rapat Sekda, Puspem Badung.(foto/ist)

INIBALI.COM - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung, I Wayan Adi Arnawa, mengadakan rapat penting bersama Direksi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung atau yang lebih dikenal dengan PDAM Badung di Ruang Rapat Sekda, Puspem Badung, Senin (3/6/24). Rapat ini turut dihadiri oleh anggota Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Mangutama, I Made Agus Arsana dan I Ketut Gede Sunarta, serta perwakilan dari Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Badung.

Permasalahan utama yang dihadapi adalah kurangnya pasokan air bersih di Badung Selatan, yang disebabkan oleh infrastruktur penyaluran air yang belum memadai. Saat ini, kebutuhan air di daerah tersebut mencapai 2.000 liter per detik, namun hanya tersedia 900 liter per detik.

Untuk mengatasi masalah ini, Sekda I Wayan Adi Arnawa menjelaskan solusi jangka pendek yang akan diambil, yakni penambahan pompa air di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Estuary dan Tegeh Sari, penambahan reservoir atau tempat penyimpanan air, serta pemasangan pipa transmisi dari IPA Estuary ke Unit Pengolahan Air (UPA) Siligita Nusa Dua yang ditargetkan selesai pada bulan Juli mendatang. Langkah-langkah ini diperkirakan akan menambah suplai air sekitar 70 liter per detik.

“Saya meminta kepada Direksi dan jajarannya untuk tidak main-main, tidak sekadar wacana, tetapi harus melakukan aksi nyata dengan progres yang jelas untuk menyelesaikan permasalahan air ini,” tegas Sekda Badung, Wayan Adi Arnawa.

Untuk solusi jangka menengah, akan dilakukan pembaruan dan perbaikan jaringan air yang ada di wilayah Badung Selatan. Upaya ini bukan hanya untuk penyelesaian sementara, tetapi untuk menuntaskan permasalahan air secara menyeluruh di daerah tersebut. Mengingat pesatnya pembangunan dan peningkatan kunjungan wisatawan di Badung Selatan, Perumda Air Minum Tirta Mangutama diharapkan bisa secepatnya menyiapkan infrastruktur yang memadai untuk memenuhi kebutuhan air.

Sekda Badung juga membuka peluang bagi pihak swasta yang berminat untuk bekerja sama dengan Perumda Air Minum Tirta Mangutama, asalkan dapat memastikan terpenuhinya kebutuhan air di Badung Selatan. "Siapapun pihak swasta yang berminat untuk kerjasama dengan Perumda Air Minum Tirta Mangutama, silahkan, tetapi pastikan bisa memenuhi kebutuhan air di Badung Selatan," pungkasnya.(nik)