Sukseskan WWF ke-10, BNPB Lakukan Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca

Selasa, 21 Mei 2024 : 04.34

 

BNPB turut berpartisipasi menyukseskan perhelatan WWF ke-10 dengan meluncurkan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).(foto/ist)
INIBALI.COM - Menyambut acara internasional bergengsi World Water Forum ke-10, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meluncurkan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di Provinsi Bali. Operasi ini yang berlangsung dari tanggal 18 hingga 20 Mei 2024, berhasil menebar 6.000 kg Natrium Chlorida (NaCl) di langit Pulau Dewata, dengan 2.000 kg disebar pada hari pertama dan 4.000 kg pada hari kedua.

Operasi TMC ini ditargetkan pada awan potensial seperti awan Cumulus Congestus, yang dapat mempengaruhi area target. Pesawat Cessna Caravan 208B, dengan registrasi PK-SNM, melakukan penyemaian di wilayah Bali bagian Utara, Tengah, Timur, serta Lombok Utara, untuk menghalau awan potensial. Hari ini, penyemaian dijadwalkan di perairan Bali dan NTB.

Kolaborasi antara BNPB, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan instansi terkait lainnya menjadi kunci dalam operasi TMC ini. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi potensi cuaca ekstrem selama acara WWF ke-10 di Bali, sehingga kegiatan dapat berlangsung lancar dan aman.

Teknologi Modifikasi Cuaca telah terbukti efektif dalam mengendalikan cuaca melalui penyemaian bahan kimia ke dalam awan, mempercepat proses kondensasi dan presipitasi, serta mengurangi risiko hujan lebat. Operasi ini sangat penting untuk menjaga stabilitas cuaca selama acara berlangsung.(nik)