Pertamina Mandalika Racing Series 2024 Hadirkan Persaingan Sengit di Putaran Kedua

Senin, 27 Mei 2024 : 17.23

 

Pertamina Mandalika Racing Series (MRS) 2024 putaran kedua menghadirkan persaingan seru di semua kelas yang dipertandingkan di Pertamina Mandalika International Circuit pada Sabtu dan Minggu, 25-26 Mei.(foto/ist)

INIBALI.COM  - Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Balap Motor Sportbike Pertamina Mandalika Racing Series (MRS) 2024 putaran kedua menghadirkan persaingan seru di semua kelas yang dipertandingkan di Pertamina Mandalika International Circuit pada Sabtu dan Minggu, 25-26 Mei. Dengan partisipasi 126 starter, jumlah ini menjadi pencapaian baru bagi penyelenggaraan MRS sejak tahun lalu.

Para pembalap top Indonesia seperti Andi Gilang, Aldy Satya Mahendra, Galang Hendra Pratama, M Faerozi, dan Rey Ratukore turut memanaskan Kejurnas Pertamina Mandalika Racing Series. Kejurnas ini adalah hasil kolaborasi antara PRIDE Motorsport dengan MGPA, IMI, Kemenparekraf, ITDC, dan InJourney, serta didukung oleh PT Pertamina (Persero). Selain itu, pada putaran kedua, Mandalika juga diserbu oleh para pembalap belia di kelas Junior Sport 150 U-15, yang bertujuan untuk mendukung pembinaan pembalap muda Indonesia.

Kelas tambahan ini melengkapi tiga kelas utama Kejurnas Sport 150, Sport 250, dan Supersport 600, selain kelas Underbone 150 Open, Superbike 1000 Community, dan Supersport 600 Community. Meskipun hanya sebagai supporting class, balapan Underbone tetap bergengsi dan berhasil mengundang 39 pembalap. Sementara itu, di kelas komunitas juga terdaftar 13 peserta yang antusias mengikuti kejuaraan ini.

Direktur Operasi ITDC, Troy Warokka, menyatakan bahwa keberadaan Pertamina Mandalika International Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika merupakan strategi penting bagi ITDC. "Sirkuit ini tidak hanya menjadi pusat olahraga otomotif, tetapi juga katalisator untuk pertumbuhan ekonomi lokal. Dengan meningkatkan kualitas dan frekuensi event internasional dan nasional seperti Pertamina Mandalika Racing Series, kami berharap dapat menarik lebih banyak wisatawan dan investasi," jelas Warokka.

Pada ajang Kejurnas Sport 250, persaingan sangat ketat dengan Felix Mulyawan Putra dari tim Yamaha Yamalube AMS TDR LFN Cargloss IRC RRS memenangkan race pertama. Di race kedua, Andi Farid Izdihar dari tim Astra Motor Racing Team berhasil menjadi pemenang. Di kelas Sport 150, podium utama race pertama diduduki oleh Murrobil Vitoni dari tim Yamaha LFN HP969 RCB Proliner NHK Navaro Racing Team, sementara race kedua dimenangkan oleh Gupita Kresna Wardana dari tim Yamaha Yamalube Ziear LFN HP969 RBT34 ARL The Strokes 55.

Untuk kelas Supersport 600cc, race pertama dimenangkan oleh Muhammad Adenanta Putra dari Astra Honda Racing Team, sementara race kedua dimenangkan oleh Dimas Ekky Pratama dari MSGlow For Men Racing Team. Aksi-aksi para pembalap juga disaksikan melalui live streaming di kanal YouTube Mandalika Racing Series, yang ditonton oleh 405 ribu viewers selama dua hari penyelenggaraan.

Antusias penonton yang hadir langsung di sirkuit juga meningkat dari putaran pertama dengan kehadiran 5.000-an pengunjung di grandstand A. Menurut Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria, peningkatan jumlah peserta yang turun di Kejurnas Pertamina Mandalika Racing Series menunjukkan pentingnya kompetisi di sirkuit internasional bagi para pembalap Indonesia.

Sementara itu, Deputi Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat, Eddy Saputra, menjelaskan bahwa Kejurnas Pertamina Mandalika Racing Series 2024 diharapkan mencapai standar balapan internasional. "Kami mendorong para manajer dan pembalap Indonesia untuk memahami peraturan balap yang diterapkan di kejuaraan internasional dan menjunjung tinggi sportivitas," ujar Eddy Saputra.(nik)