Pertamina Mandalika Racing Series 2024 Kembali Hadir

Selasa, 21 Mei 2024 : 04.45

 

Pihak penyelenggara memaparkan kegiatan Pertamina Mandalika Racing Series 2024 yang akan berlangsung pada 25-26 Mei 2024.(foto/ist)

INIBALI.COM – Pertamina Mandalika Racing Series 2024 kembali hadir dengan putaran kedua yang akan berlangsung pada 25-26 Mei 2024 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Balap Motor Sportbike ini menjadi ajang bergengsi untuk membina talenta muda Indonesia sekaligus mendukung promosi pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air.

Event ini merupakan hasil kolaborasi antara PRIDE Motorsport, Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Ikatan Motor Indonesia (IMI), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), ITDC, dan InJourney, serta mendapat dukungan penuh dari Pertamina. Tiga kelas utama yang dipertandingkan adalah Sport 150, Sport 250, dan Supersport 600. Selain itu, ada kelas pendukung seperti Underbone 150, Supersport 600 Community, dan Superbike 1000 Community.

Retna Asmoro, Svp. Marketing & Tourism Program InJourney, menyatakan The Mandalika dipersiapkan sebagai produk pariwisata unggulan yang diharapkan dapat meningkatkan jumlah turis domestik maupun mancanegara. "Melalui penyelenggaraan rutin event seperti Kejurnas Mandalika Racing Series, kami berharap dapat memperkuat promosi pariwisata Indonesia dan meningkatkan ekonomi daerah," katanya.

Kelas baru Junior Sport 150 U-15 juga diperkenalkan untuk pembalap muda di bawah usia 15 tahun, memberikan mereka wadah untuk mengasah kemampuan dan bersiap menuju jenjang internasional. Direktur Operasi ITDC, Troy Warokka, menekankan pentingnya acara ini untuk memperkenalkan talenta muda dan mempromosikan The Mandalika sebagai destinasi sport tourism unggulan.

Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria, menambahkan bahwa dukungan dari Pertamina mengukuhkan posisi Mandalika Racing Series sebagai kompetisi balap motor bergengsi di Indonesia. Kejuaraan ini telah membantu pembalap Indonesia berprestasi di kancah internasional, seperti Veda Ega Pratama, Arai Agaska, Muhammad Kiandra Ramadhipa, dan Aldi Satya Mehendra.

Deputi Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat, Eddy Saputra, menyatakan bahwa pihaknya terus mendukung keberlanjutan Kejurnas ini untuk menghasilkan pembalap muda berbakat yang siap bersaing di level lebih tinggi.

VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso, menyatakan, “Dukungan ini sejalan dengan Pertamina Energizing You yang bermakna Pertamina selalu berusaha melayani masyarakat dan memajukan industri motorsport di Indonesia. Kerjasama ini merupakan langkah nyata untuk memberikan akses dan fasilitas lebih baik bagi pembalap muda," jelasnya.

Dengan target penonton 5.000 orang dan 600.000 viewers di Youtube Live streaming, Kejurnas Mandalika Racing Series 2024 diharapkan memberikan dampak ekonomi positif bagi masyarakat sekitar melalui partisipasi UMKM lokal yang membuka booth di area sirkuit.(nik)