Kongres dan Seminar Ke-17 AGII: Rachmat Harsono Terpilih sebagai Ketua Umum

Kamis, 09 Mei 2024 : 07.17

Rachmat Harsono (tengah) Ketua Umum Asosiasi Gas Industri Indonesia (2024-2029).

INIBALI.COM - Rachmat Harsono terpilih sebagai Ketua Umum Asosiasi Gas Industri Indonesia (AGII) melalui kongres yang digelar di Bali, 6-8 Mei 2024.

Rachmat Harsono yang menggantikan pejabat lama Phajar Hadywibowo (2019-2024) bertekad memperkuat posisi AGII dan menjaga kemandirian energi serta memperkuat posisi negara dalam peta energi dunia.

Kongres dan Seminar Teknik ke-11 AGII yang diselenggarakan di Ballroom Sahid, Hotel Sheraton Bali Kuta Resort ini mengusung tema “Dekarbonisasi & Energi Terbarukan - Peran Sektor Gas Industri dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045.”

Rachmat Harsono menegaskan AGII akan selalu menjalin kolaborasi erat dengan Kementerian Ketenagakerjaan RI dalam penyusunan dan sosialisasi regulasi Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 37 Tahun 2016 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Bejana Tekanan dan Tangki Timbun.

“AGII memahami betapa pentingnya regulasi ini dalam mendukung keselamatan kerja yang maksimal di semua sektor industri,” kata Rachmat Harsono.

Oleh karena itu, lanjutnya, AGII akan mendorong program ini dengan semangat untuk mengedukasi serta implementasi yang efektif kepada semua pihak yang terlibat.

Dia menambahkan dalam rangka menyongsong Indonesia Emas 2045, AGII turut mendukung road maps pemerintah yang salah satunya berkaitan dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Dia berharap para penanaman modal asing (PMA) dapat terus mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta perusahaan dan industri lokal melalui kebijakan yang mendukung pengembangan kapasitas domestik dan integrasi ke dalam rantai pasok global.

“Langkah ini tidak hanya akan memperkuat ekonomi nasional tapi juga menciptakan lapangan kerja yang lebih luas dan berkelanjutan,” tutur Rachmat Harsono.

Ia percaya dengan kerjasama yang erat antara asosiasi, pemerintah, dan semua pihak terkait, AGII dapat mencapai kemajuan yang signifikan untuk industri dan ekonomi.

“Mari kita bersama-sama mendukung dan mendorong inisiatif ini demi masa depan yang lebih baik,” harapnya.

Ketua AGGI 2024-2029 Rachmat Harsono.

Asosiasi yang didirikan pada 11 September 1972 ini berkomitmen mengambil langkah strategis untuk meningkatkan keselamatan kerja dan konsumen.

Dalam program kerja ke depan, lanjut Rachmat Harsono, AGII akan mengintensifkan diskusi dan advokasi mengenai cara-cara efektif untuk mencapai zero accident di tempat kerja.

“Kita percaya bahwa setiap kecelakaan bisa dicegah, dan setiap pekerja berhak untuk kembali ke rumahnya dalam keadaan selamat,” ujarnya.

Ketua Kadin Indonesia Arsjad Rasjid dalam sambutannya berharap dengan kepemimpinan Rachmat Harsono AGII semakin berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan gas industri di Tanah Air.

Dalam kongres ini AGII menghadirkan seminar teknik yang menyoroti praktik terbaik dalam industri gas serta demonstrasi teknologi terkini yang berkontribusi pada efisiensi dan keberlanjutanmenuju Indonesia Emas 2045 oleh para profesional.

Topik yang diulas di antaranya strategi menuju net zero emission (NZE), dekarbonisasi & energi terbarukan dalam perspektif environment, social, and governance (ESG) serta peluang dan tantangannya.

Kongres yang diikuti lebih dari 200 peserta ini dibuka pada Selasa 7 Mei 2024 oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.***