Jadi Destinasi Pariwisata Kelas Dunia, Bandara Ngurah Rai Lakukan Ini

Rabu, 29 Mei 2024 : 10.08

 

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai bersama dengan seluruh komunitas bandara akan menggelar Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) yang akan berpusat di Sisi Selatan bandara.(foto/ist)

INIBALI.COM - Pada hari Kamis (30/5/24), Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai bersama dengan seluruh komunitas bandara akan menggelar Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) yang akan berpusat di Sisi Selatan bandara. Latihan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan seluruh personel dalam menghadapi keadaan darurat di bandara.

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan, menjelaskan pentingnya latihan ini mengingat Bali adalah salah satu destinasi pariwisata kelas dunia. Seperti yang diketahui Pulau Bali merupakan salah satu destinasi pariwisata kelas dunia. Sebagai gambaran umum, hingga bulan April 2024 kami melayani sebanyak 7.123.666 penumpang dan 44.709 pergerakan pesawat secara keseluruhan. 

"Maka dari itu, perlu kami pastikan seluruh personel yang bertugas di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai senantiasa siap untuk menghadapi keadaan darurat di bandara yang dapat terjadi sewaktu-waktu," ujar Handy.

Latihan PKD ini dilaksanakan untuk memastikan implementasi Dokumen Airport Emergency Plan (AEP) dan Dokumen Airport Security Program (ASP) berjalan baik. Latihan ini akan menguji fungsi komando, koordinasi, dan komunikasi antar Airport Emergency Committee (AEC) & Airport Security Committee (ASC).

Dalam rangkaian latihan PKD kali ini, terdapat tiga jenis latihan kedaruratan yang digelar, yaitu penanganan kecelakaan pesawat udara (Aircraft Accident Exercise), penanganan ancaman keamanan (Security Exercise), dan penanganan kebakaran (Domestic Fire Exercise).

"Latihan PKD yang kami lakukan telah dirancang sedemikian rupa sehingga mendekati kondisi keadaan darurat yang sesungguhnya. Dengan demikian, kami dapat menguji kesiagaan personel bandara serta prosedur yang berlaku demi memastikan keamanan dan keselamatan operasional penerbangan," lanjut Handy.

Handy juga mengimbau kepada seluruh pengguna jasa yang berada di Bandara I Gusti Ngurah Rai pada saat pelaksanaan latihan PKD untuk tidak panik dan tetap tenang selama kegiatan berlangsung. "Dapat kami pastikan, kegiatan latihan PKD ini tidak mengganggu operasional dan penerbangan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai tetap berjalan dengan normal," katanya.(nik)