Komunitas Laksana Becik Edukasi Pengelolaan Lingkungan di SD 4 Tuban

Jumat, 05 April 2024 : 19.49

 

Komunitas Laksana Becik memberikan edukasi tentang lingkungan di SD No 4 Tubann, Badung.

INIBALI.COM - Komunitas Laksana Becik di bawah naungan Yayasan Laksana Becik Bali (YLBB) kembali turun ke sekolah untuk memberikan edukasi tentang lingkungan. Pada Jumat, 5 April 2024, mereka menyasar siswa Sekolah Dasar (SD) Nomor 4 Tuban, Kecamatan Kuta, Badung, dengan fokus pada pengelolaan minyak goreng bekas atau minyak jelantah.

Kegiatan ini diikuti oleh ratusan siswa dari kelas 1 hingga kelas 6 sekolah tersebut. Laksana Becik mengisi edukasi dengan pemahaman tentang pengolahan jelantah menjadi barang bernilai, seperti lilin. Melalui program "Kelola Limbahmu, Tukarkan dengan Program Lingkungan," mereka berharap dapat mendorong pengembangan Kebun Edukasi yang mencakup Tanaman Obat Keluarga (Toga) atau apotik hidup, dengan harapan menggaungkan kembali keberadaan Toga yang telah mulai dilupakan.

I Nyoman Sudarsana S.Pd. M.Fis., Kepala SD No. 4 Tuban, menyampaikan rasa terima kasih kepada YLBB atas edukasi lingkungan yang mereka berikan. Materi tentang pemanfaatan minyak jelantah menjadi barang bernilai diharapkan dapat memberikan bekal bagi siswa dalam berinovasi di masa depan. Sudarsana menekankan pentingnya penerapan ilmu yang diperoleh sejak dini agar dapat diimplementasikan saat mereka dewasa.

Dia juga menyambut baik program pengembangan Kebun Edukasi yang didukung oleh Laksana Becik, dan berjanji untuk bekerja sama dalam pengembangannya sebagai sumber pembelajaran di sekolah.

Ketua YLBB, Putu Resa Kertawedangga, mengungkapkan harapannya agar kerjasama antara Laksana Becik dan SD No. 4 Tuban dapat terus berlanjut, terutama dalam program edukasi pengelolaan minyak jelantah dan pengembangan kebun edukasi. Tujuannya adalah agar pemahaman ini bisa diterapkan di masyarakat luas.

Diharapkan, melalui upaya bersama ini, pemahaman tentang pentingnya menjaga lingkungan dan pemanfaatan limbah dapat semakin tersebar luas, serta memberikan dampak positif bagi keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.(nik)