Pergerakan Penumpang di Bandara Ngurah Rai Capai 3.555.108 Orang

Sabtu, 16 Maret 2024 : 07.56

Bandara Ngurah Rai, berhasil mencatat lonjakan signifikan dalam jumlah penumpang yang dilayani hingga bulan Februari 2024. 

INIBALI.COM - Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, berhasil mencatat lonjakan signifikan dalam jumlah penumpang yang dilayani hingga bulan Februari 2024. Dalam periode tersebut, bandara yang terletak di Pulau Dewata ini berhasil melayani total 3.555.108 penumpang domestik dan internasional. Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 21% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya, yang mencapai 2.933.636 penumpang.

Handy Heryudhitiawan, General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, menyampaikan apresiasi atas pencapaian ini. "Peningkatan pelayanan penumpang di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di tahun 2024 ini mengindikasikan bahwa sektor pariwisata di Pulau Bali akan terus meningkat. Peningkatan jumlah penumpang ini juga tidak lepas dari upaya dan dukungan seluruh stakeholder yang senantiasa bersinergi demi memajukan Pulau Dewata," ucap Handy.

Pada bulan Februari 2024, bandara tersebut melayani sebanyak 1.751.427 penumpang dengan total 10.908 pergerakan pesawat domestik dan internasional. Dari jumlah tersebut, penumpang domestik mencapai 749.037 orang dengan 5.388 pergerakan pesawat, sedangkan penumpang internasional mencapai 1.002.390 orang dengan 5.520 pergerakan pesawat.

Rute Jakarta menjadi yang paling diminati untuk penumpang domestik, diikuti oleh Surabaya dan Makassar. Sedangkan untuk rute internasional, Singapura menjadi yang tertinggi diikuti oleh Kuala Lumpur dan Perth.

Sementara itu, wisatawan asing tertinggi yang datang ke Bali berasal dari Australia, Cina, dan India. Dengan adanya momen Hari Raya Idulfitri di bulan Maret, diprediksi akan terjadi peningkatan jumlah penumpang. Selain itu, pada periode Summer 2024, rencana penambahan penerbangan internasional dan operasional perdana beberapa maskapai baru diharapkan akan semakin memperkaya pelayanan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

"Adapun jadwal operasional perdana rute-rute tersebut masih terus kami koordinasikan namun kami harap dapat terlaksana secepatnya," tambah Handy.(nik)