Industri Pariwisata Bali Kembali Bangkit Lewat Sales Mission ke Jerman

Kamis, 14 Maret 2024 : 15.10
Pemkab Badung melalui Dispar setempat melaksanakan misi perdagang ke Jerman guna menarik wisatawan berkunjung ke Badung.

INIBALI.COM - Dalam semangat membangkitkan kembali industri pariwisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Badung menggelar misi penjualan penting ke Jerman. Misi ini bertujuan untuk mempromosikan keindahan alam, kekayaan budaya, dan keragaman destinasi wisata di Kabupaten Badung kepada pasar internasional, terutama Eropa, khususnya Jerman.

Melalui program Pemasaran Pariwisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Badung telah melaksanakan kegiatan pemasaran pariwisata dalam dan luar negeri, dengan fokus pada daya tarik, destinasi, dan kawasan strategis pariwisata. 

"Kegiatan ini menjadi bukti nyata dari dukungan pemerintah Kabupaten Badung dalam memfasilitasi industri pariwisata untuk melaksanakan promosi pariwisata," ujar Kepala Dinas Pariwisata Badung, I Nyoman Rudiarta, Kamis (14/3/24).

Dijelaskan, sales mission ini dilaksanakan berdasarkan proposal yang diajukan oleh Aliansi Promosi Pariwisata Indonesia (APPI), yang mewakili kumpulan industri pariwisata Kabupaten Badung. Dalam konteks Bali, pariwisata tidak bisa lepas dari kegiatan promosi, terutama di negara produsen utama seperti Eropa, UK, Australia-NZ, dan lain-lain.

Tujuan utama sales mission ini adalah untuk meningkatkan, mempererat, serta menjaga hubungan kerjasama dengan mitra bisnis di Eropa, sambil memperkenalkan produk terbaru atau unggulan langsung kepada para pemangku kepentingan di Eropa. "Ini merupakan aktivitas sales mission pertama setelah pandemi Covid-19, menandai langkah penting bagi industri pariwisata untuk pulih," katanya.

Misi penjualan ini melibatkan Dinas Pariwisata Kabupaten Badung sebagai Fasilitator, dengan dukungan dari Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Badung dan kerjasama dengan APPI. Sebanyak 18 delegasi dari industri pariwisata turut serta dalam kegiatan ini, melakukan promosi secara Business to Business.

Sales Mission berlangsung selama 6 hari, dari tanggal 27 Februari hingga 4 Maret 2024, di Kota M√ľnchen dan Frankfurt, Jerman. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memberikan apresiasi terhadap Dinas Pariwisata Kabupaten Badung yang mendukung kegiatan promosi pariwisata Indonesia di pasar Eropa, terutama dalam momentum pre-event Internationale Tourismus Borse (ITB) Berlin 2024.(nik)