IndiGo Airlines Tambah Koneksi Wisatawan India ke Bali

Jumat, 29 Maret 2024 : 12.04
IndiGo Airlines yang meluncurkan rute perdana Bengaluru-Denpasar.

INIBALI.COM- Wisatawan Asing (WNA) India telah mencatatkan kehadiran signifikan di Pulau Bali, dengan jumlah kedatangan mencapai 67.979 orang hingga bulan Februari, menempatkannya sebagai WNA terbanyak ke-3 yang berkunjung ke destinasi eksotis ini. Meskipun demikian, posisi WNA Australia masih tak tertandingi dengan 217.262 kedatangan, diikuti oleh WNA Cina dengan 94.542 kunjungan.

Sebelumnya, akses langsung menuju India hanya tersedia melalui maskapai Vistara dengan tujuan New Delhi. Namun, dengan beroperasinya IndiGo Airlines yang menawarkan rute Bengaluru, kini Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai melayani total 33 rute internasional dengan 36 maskapai penerbangan. Bandara ini memproyeksikan pelayanan kepada 23,6 juta penumpang pada tahun 2024.

Peningkatan konektivitas antara Bali dan India semakin terwujud dengan beroperasinya IndiGo Airlines yang meluncurkan rute perdana Bengaluru – Denpasar – Bengaluru pada hari Jumat (29/3/24). Dengan demikian, bandara ini kini melayani dua rute langsung menuju India.

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan, menyambut positif kehadiran IndiGo Airlines sebagai tambahan maskapai yang melayani penerbangan di Bali. Dia mengungkapkan, pembicaraan dengan IndiGo Airlines telah berlangsung sejak tahun 2023. 

"Kami mengapresiasi semua pihak yang terlibat atas terealisasinya operasional perdana IndiGo Airlines di Pulau Bali," ujarnya.

Penerbangan perdana IndiGo Airlines nomor penerbangan 6E1605, menggunakan pesawat Airbus A320 dari Bengaluru, tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada pukul 09.30 WITA dengan disambut seremoni water salute. Pesawat ini membawa 183 penumpang. Selanjutnya, pesawat tersebut dijadwalkan untuk kembali terbang menuju Bengaluru dengan nomor penerbangan 6E1606 pada pukul 11.20 WITA dengan membawa 162 orang. Rute ini direncanakan untuk melayani penerbangan satu kali setiap hari.

"Kami melihat India sebagai pasar yang berkembang di Pulau Bali, dan kami berharap penambahan rute ini akan semakin memudahkan WNA India yang ingin berkunjung ke Bali," katanya.

Pihaknya yakin kehadiran IndiGo Airlines di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai akan memberikan kontribusi positif bagi sektor pariwisata di Indonesia maupun India. "Dengan demikian, semakin terbukanya akses udara antara Bali dan India diharapkan akan memperkuat hubungan budaya dan pariwisata antara kedua negara itu," ucapnya.(nik)