Dilaporkan Hilang, Empat Pendaki Gunung Sanghyang Selamat

Selasa, 26 Maret 2024 : 17.58
Dilaporkan hilang di Gunung Sanghyang, empat pendaki akhirnya ditemukan dengan selamat.

INIBALI.COM - Empat pendaki yang sebelumnya dilaporkan hilang di Gunung Sanghyang akhirnya ditemukan dengan selamat pada Selasa (26/3/24). A.A. Sukarata (55), I Made Sustrawan (50), Wayan Sudana (52), dan Ketut Dapur (50) berhasil ditemukan di sekitar Desa Jati Luwih, Tabanan, pada pukul 10.20 Wita. Tim SAR gabungan melakukan upaya pencarian setelah pembagian tugas diantaranya SRU (Search and Rescue Unit).

"Teknik pencarian dibagi menjadi dua SRU, satu SRU langsung menuju puncak Gunung Sanghyang dan satu lainnya menuju hutan seputar Bedugul," ungkap Koordinator Pos SAR Buleleng, Dudi Librana. Setelah mencapai ketinggian 1600 Mdpl dan menelusuri Pura Penataran, keberadaan pendaki tidak ditemukan. Namun, berkat informasi dari masyarakat, keempat pendaki berhasil ditemukan turun di Desa Jati Luwih.

Keempat pendaki tersebut mengungkapkan bahwa mereka membawa perbekalan yang cukup, namun kesulitan dalam berkomunikasi. Tim SAR gabungan bersama dengan para pendaki tiba di Posko Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Buleleng pada pukul 11.40 Wita. Debriefing dilakukan dengan seluruh unsur SAR, dan operasi SAR dinyatakan selesai.

Upaya pencarian melibatkan berbagai unsur SAR, termasuk Pos SAR Buleleng, SAR Sabhara Polda Bali, Dalmas Polres Buleleng, Babinkamtibnas Desa Munduk, Buana Bali Rescue, pemandu Lokal Gunung Sanghyang, keluarga korban, dan masyarakat setempat. Kerjasama yang solid antara berbagai pihak memungkinkan penyelamatan keempat pendaki dengan selamat.(nik)