Badung Tempatkan Satpol PP Pariwisata di Lokasi Wisata Strategis

Jumat, 22 Maret 2024 : 16.34
Pj. Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya bersama Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta menghadiri Peringatan HUT Satpol PP Ke-74 dan Satlinmas Ke-62 Provinsi Bali di Puspem Badung.

INIBALI.COM - Pemerintah Kabupaten Badung telah membentuk Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pariwisata yang akan ditempatkan di sejumlah lokasi wisata strategis. Dalam sebuah pernyataan, Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta, menyebutkan bahwa Satpol PP Pariwisata memiliki tugas utama untuk menjaga ketertiban, ketentraman, dan keamanan di kawasan pariwisata serta memberikan informasi dan edukasi kepada wisatawan dan pelaku usaha wisata.

"Pada kesempatan ini saya juga mengingatkan jajaran Satpol PP dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kabupaten Badung agar mendukung pelaksanaan Pilkada 2024 mendatang. Gelaran tersebut merupakan pilkada pertama yang digelar secara serentak seluruh Indonesia. Anggota Satpol PP dan Satlinmas berperan penting dalam menyukseskan Pilkada 2024," ujar Bupati Badung, Jumat (22/3/24).

Pj. Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya, menekankan pentingnya peran Satpol PP dalam menegakkan peraturan daerah untuk menjaga keamanan dan ketertiban serta mendukung pembangunan daerah. "Satlinmas berfungsi untuk membantu Kepala Daerah dalam menjaga keamanan guna mensukseskan pembangunan desa, yang diharapkan Satpol PP dan Satlinmas dapat terus meningkatkan kemampuannya, semangat, disiplin, melaksanakan tugas sesuai SOP, jangan arogan dan bersikap humanis dan selalu membantu masyarakat termasuk wisatawan," tambahnya.

Dengan pembentukan Satpol PP Pariwisata dan peran aktif Satlinmas, diharapkan dapat meningkatkan pengawasan dan penegakan hukum di sektor pariwisata serta menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi wisatawan maupun masyarakat lokal. Langkah ini juga dianggap sebagai bagian dari persiapan dalam menghadapi pelaksanaan Pilkada 2024 yang akan datang.(nik)