SMK Fest Bali 2024 Hadirkan Edukasi Vokasi dan Unjuk Keterampilan Siswa Sekolah Kejuruan

Selasa, 20 Februari 2024 : 18.52

Kabid Pembinaan SMK Disdikpora Bali I Gusti Ngurah Crisna Adijaya. 

INIBALI.COM -
Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Bali menghadirkan SMK Fest Bali sebagai ajang unjuk keterampilan para siswa sekolah kejuruan.

SMK Fest Bali akan digelar di Taman Budaya Provinsi Bali (Art Center) Denpasar pada 20-22 Maret 2024.

Festival ini dimaksudkan untuk mengimplementasikan link and match, edukasi tentang vokasi, dan mendekatkan para lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) dengan dunia usaha dunia industri (DUDI).

Lomba ajang talenta dalam kegiatan ini antara lain Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI), Lomba Kompetensi Siswa (LKS), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional, Festival Lomba Seni Siswa Nasional dan berbagai jenis lainya yang mencapai 50 item lomba serta pameran dan hiburan.

SMK Fest Bali selama tiga hari ini menargetkan 100.000 pengunjung baik dari siswa SMP, SMK, SMA, UMKM, dan masyarakat umum.

Festival tingkat provinsi ini menghadirkan para juara di SMK Fest tingkat kabupaten/kota di enam region yakni Denpasar, Badung, Jembrana, Buleleng, Bangli, dan Gianyar.

Kegiatan SMK Fest merupakan tindak lanjut dari 1st Indonesian Vocational Link and Match yang digelar 2023 lalu di Hotel Aston Denpasar yang melahirkan kerja sama Pemprov Bali, Universitas Stekom Semarang, dan aplikasi pencari kerja TopLoker.com.

Kepala Bidang Pembinaan SMK Disdikpora Bali I Gusti Ngurah Crisna Adijaya mengatakan festival ini menyediakan panggung berkarya dan berekspresi bagi peserta didik dan komunitas guru.

“Festival ini juga menjadi bagian dari bentuk transformasi proses pembinaan prestasi kompetensi dan talenta secara berkelanjutan serta turut andil mengembangkan karakter peserta didik,” katanya kepada media, Selasa 20 Februari 2024.

Kata dia berbagai kegiatan lomba dan prestasi dihadirkan dalam festival sebagai bentuk kolaborasi dan sinergi antara SMK dengan dunia usaha dan dunia industri serta masyarakat Bali yang peduli vokasi.

SMK Fest Bali 2024 mengusung tema "Merdeka Berkarya Vokasi Berjaya" berupaya mengimplementasi kurikulum merdeka yang memberikan kesempatan kepada seluruh civitas akademika SMK untuk menunjukkan potensi, kreativitas dan ide-idenya dalam sebuah karya.

“Kami berharap akan tumbuh kreator-kreator muda yang mampu membawa kejayaan dari SMK,” tutur I Gusti Ngurah Crisna Adijaya.

Ajang festival ini juga memberikan informasi positif dan utuh tentang peran penting SMK dan Pendidikan Vokasi dalam mendukung terciptanya SDM yang berdaya saing dan produktif kepada seluruh lapisan masyarakat.

Yang lebih penting lagi, lanjut I Gusti Ngurah Crisna Adijaya, festival ini membukakan informasi seluasnya bagi siswa SMK agar setelah lulus kelak memiliki gambaran dunia kerja yang akan dibidik.

Dia menyebut pada 2023 lalu 161 SMK meluluskan 26.844 siswa dengan rincian 41,4 persen telah mendapatkan pekerjaan, 31 persen melanjutkan kuliah, dan 19,5 persen berwirausaha.

Penggunaan aplikasi lowonga kerja TopLoker.com untuk menekan angka pengangguran, telah banyak dirasakan oleh para lulusan SMK.

“Tentu, selain memanfaatkan lowongan kerja digital seperti itu, para siswa SMK bisa mengakses informasi lowongan kerja langsung dari dunia kerja dan dunia industri yang ikut berpartisipasi dalam festival ini,” katanya.(mas)