Sanur KulineRun Digelar 3 Maret 2024, Hadirkan Lari Gembira dan Festival Kuliner Lokal

Senin, 19 Februari 2024 : 19.31

CEO RajaLari.id Panca Rudolf Sarungu (kiri ke kanan), Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar Ni Luh Putu Riyastiti dan GM Prama Beach Sanur I Gusti Bagus Surya saat konferensi pers Sanur KulineRun, Senin 19 Februari 2024.  

INIBALI.COM
– RajaLari.id bekerja sama dengan Prama Sanur Beach Bali menyelenggarakan lomba lari The 2nd Sanur KulineRun. 

Ajang lomba lari yang akan digelar pada Minggu, 3 Maret 2024 ini terbilang unik karena menggabungkan wisata olah raga lari dan festival kuliner yang menghadirkan sejumlah UMKM lokal.

CEO RajaLari.id Panca Rudolf Sarungu mengatakan sensasi berlari dan berakhir di ajang festival kuliner ini sangat diminati masyarakat.

“Ini adalah KulineRun yang kedua kalinya di Sanur dan kami telah menggelar ajang serupa antara lain di Solo, Padang, Surabaya, Palembang, Yogyakarta, Medan,” katanya saat konferensi pers, Senin 19 Februari 2024.

Menurut Panca inisiatif memadukan lomba lari dan festival kuliner ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperkuat potensi pariwisata di wilayah Sanur.

Kata dia berdasarkan testimoni sejumlah peserta KulineRun di berbagai kota, kegiatan ini memberikan pengalaman yang unik dan tak terlupakan.

The 2nd Sanur KulineRun ini menawarkan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk ikut di kategori lari santai 3 km, lari 5 km, dan lari 10 km.


Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar Ni Luh Putu Riyastiti mengatakan kegiatan lomba lari ini diharapkan bisa mendongkrak branding Sanur sebagai destinasi wisata olah raga.

“Selain itu untuk memperluas cakupan wisatawan ke Sanur yang dulu didominasi para pensiunan kini juga menggaet generasi yang lebih muda,” katanya.

Riyastiti juga berharap Sanur KulineRun dijadikan agenda tahunan dan dirangkaian dengan paket Nyepi dan Kesanga Festival sehingga bisa dimasukkan calendar of event Dinas Pariwisata Kota Denpasar.

Kolaborasi berbagai kegiatan tersebut, lanjut Riyastiti, akan mendorong kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara pada saat low season.

“Jadi, promonya setelah mengikuti kegiatan lari di pagi hari, siang atau sorenya melihat ogoh-ogoh,” ucapnya.

Ia berpesan agar UMKM yang disertakan dalam kegiatan ini berasal dari Sanur dan sekitarnya serta yang menyajikan warisan kuliner setempat yang kini jarang dijumpai di pasaran.

“Yang lebih penting lagi, masukkan juga kegiatan bersih-bersih pantai dan edukasi untuk mencintai lingkungan serta budaya,” kata Riyastiti.

GM Prama Beach Sanur I Gusti Bagus Surya mengatakan start dan finish lomba lari ini berlokasi di kawasan hotel tersebut, kemudian rutenya mengikuti jalan setapak di pinggir pantai dan masuk ke kawasan Desa Sanur.

Kata dia sedikitnya 20 UMKM akan menyajikan kuliner lokal dan kerajinan tangan yang bisa digunakan sebagai oleh-oleh para peserta.

“Kami juga berharap SanurKulineRun menjadi agenda tahunan yang selalu dinantikan para penghobi lari,” katanya.

Bagus Surya menambahkan telah meminta para pelaku pariwisata di Sanur untuk mengajak tamu yang sedang menginap mengikuti lomba lari gembira ini.

Pendaftaran 2nd Sanur KulineRun dapat dilakukan melalui tautan ini. ***