Duo Bank BUMN Catat Rekor Harga Saham Tertinggi dalam Sejarah

Senin, 12 Februari 2024 : 14.51
Bank Mandiri mencatatkan rekor laba tertinggi di industri perbankan Tanah Air, termasuk Bank Rakyat Indonesia (BRI).

INIBALI.COM - Bank Mandiri dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) meraih prestasi gemilang dengan mencatatkan rekor harga saham tertinggi dalam sejarah industri perbankan Indonesia. Laba bersih kedua bank tersebut mencapai Rp 115,5 triliun, sementara total asetnya melampaui Rp 4.139 triliun. 

Saham Bank Mandiri (BMRI) mencapai Rp 7.200 per saham, sedangkan saham Bank BRI (BBRI) mencapai Rp 5.975, mencatatkan rekor tertinggi bagi keduanya. Kapitalisasi pasar kedua bank mencapai Rp 1.577,56 triliun, menjadikannya salah satu dari sepuluh bank terbesar di Asia. 

Kontribusi dividen BUMN juga signifikan, dengan Bank Mandiri dan BRI menyumbangkan Rp 36,07 triliun tahun lalu, setara dengan 44,8% dari total dividen BUMN ke negara. Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo, menyatakan optimisme bahwa kedua bank ini akan terus tumbuh dan memberikan kontribusi positif bagi Indonesia.

"Dari berbagai tantangan yang ada di awal tahun 2024 kondisi ekonomi Indonesia masih memiliki potensi yang besar. Kami bangga dan optimis, Bank Mandiri dan BRI mampu tumbuh dan memberi kontribusi yang positif untuk Indonesia," ungkap Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo saat dihubungi, Senin (12/2/24).(nik)