Disperpa Badung Jamin Kelayakan Konsumsi untuk Hari Raya Galungan

Senin, 26 Februari 2024 : 19.49

Tim Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kabupaten Badung, melakukan pengecekan terhadap daging babi yang disembelih warga.

INIBALI.COM - Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kabupaten Badung telah berhasil melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap 1.531 ekor babi, memastikan bahwa daging babi yang dihasilkan layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat, khususnya dalam perayaan Hari Raya Galungan yang umumnya menggunakan daging babi.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Badung, I Wayan Wijana, menjelaskan bahwa tim telah dikerahkan untuk memastikan kelayakan daging babi untuk konsumsi. Pemeriksaan dilakukan sebelum dan sesudah pemotongan, meliputi kondisi fisik dan organ dalam seperti hati, limpa, jantung, usus, dan lambung.

"Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa babi dalam keadaan sehat sebelum dan setelah pemotongan, serta daging babi dinyatakan layak untuk dikonsumsi," tegas Wijana, Senin (26/2/24).

Pemeriksaan ini melibatkan 62 dokter hewan dan 100 mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana. Seluruh desa dan kelurahan di Badung menjadi sasaran pemeriksaan, khususnya yang akan memotong babi untuk perayaan Hari Raya Galungan.

"Kami telah mengidentifikasi sekitar 1.744 ekor babi yang akan dipotong menjelang perayaan Galungan," ungkapnya.

Disperpa Badung juga mengimbau masyarakat untuk memperhatikan kebersihan dan mengolah daging babi dengan benar. "Kami harapkan masyarakat dapat memasak daging babi dengan cara yang benar untuk menjaga kesehatan," tambahnya.(nik)