BPD Bali Catatkan Transaksi Rp 5 Miliar Lebih PWA

Jumat, 16 Februari 2024 : 20.42

Gus Ary Guntur, saat menerima audiensi jajaran pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Bali di Denpasar.
INIBALI.COM - Program Pungutan Wisatawan Asing (PWA) untuk Pelindungan Kebudayaan dan Lingkungan Alam Bali, yang baru diluncurkan pada 12 Februari 2024, mendapat sambutan luar biasa dari para wisatawan. Hal ini tercermin dari tingginya minat wisatawan untuk membayar PWA, yang terekam dalam catatan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali.

Menurut Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Bank BPD Bali, I.B. Gd. Ary Wijaya Guntur, SE., MM., selama 9 hari terakhir, dari tanggal 7 hingga 16 Februari 2024, sebanyak 33.540 wisatawan telah melakukan pembayaran PWA melalui E-Commerce Love Bali. Total penerimaan yang tercatat mencapai lebih dari Rp 5 miliar.

"Pungutan ini telah mendapat respons positif dari wisatawan, baik yang berasal dari luar negeri maupun negara asalnya sendiri. Mayoritas pembayaran dilakukan sebelum kedatangan mereka ke Bali, menunjukkan kenyamanan dan kemudahan dalam proses pembayaran," ungkap Gus Ary Guntur, saat menerima audiensi jajaran pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Bali di Denpasar, Jumat (16/2/24).

Untuk memudahkan proses pembayaran, Bank BPD Bali telah menyediakan layanan konter di Bandara Ngurah Rai, dengan beberapa petugas yang siap melayani dalam dua shift kerja. Terkait infrastruktur, Gus Ary Guntur menegaskan bahwa semua telah disiapkan dengan baik, bekerja sama dengan penyedia jasa pembayaran, BCA.

Dengan antusiasme yang tinggi dari para wisatawan, program PWA diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam menjaga keberlangsungan kebudayaan dan lingkungan alam di Bali, sambil memberikan pengalaman wisata yang lebih berkesan bagi para pengunjung.(nik)