Badung Kendalikan Inflasi Hari Raya Galungan

Selasa, 20 Februari 2024 : 19.19

Pemkab Badung kendalikan inflasi akibat lonjakan harga menjelang Hari Raya Galungan.

INIBALI.COM  - Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) serta Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (DiskopUKMP) menggelar Pasar Murah dan Badung Promo Tani dalam rangka menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan. Acara tersebut berlangsung di selatan Lapangan Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung pada Selasa (20/2/24) dan akan berlangsung selama dua hari hingga 21 Februari 2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat, antara lain Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, I Wayan Wijana S.Sos M.Si, yang mewakili Bupati Badung, serta Kepala Bidang DiskopUKMP, I Ketut Antara, yang mewakili Kepala DiskopUKMP Badung. Turut hadir pula Kepala Satpol PP Badung IGAK Suryanegara, Ketua DWP Kabupaten Badung Nyonya Rasniathi Adi Arnawa, dan Ketua WHDI Kabupaten Badung Ni Ketut Suas Isyudayani.

Menurut I Wayan Wijana S.Sos M.Si dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, puluhan UMKM turut serta dalam kegiatan ini dengan menampilkan produk binaan DiskopUKMP serta produk dari petani dan peternak lokal. Kegiatan ini diadakan sepekan menjelang Galungan, mengingat adanya peningkatan harga beberapa kebutuhan upacara menjelang hari raya besar.

"Kegiatan Pasar Murah dan Promo Tani ini dalam rangka menyambut hari raya Galungan dan Kuningan. Sebagaimana diketahui, setiap menjelang hari raya besar seperti Galungan, beberapa kebutuhan hari raya mengalami peningkatan harga. Sehingga ini menjadi salah satu upaya pemerintah untuk mengendalikan harga dan menekan laju inflasi," ungkapnya.

Pasar Murah dan Promo Tani ini menjual produk pertanian dan peternakan hasil produksi petani Badung yang menjadi kebutuhan saat hari raya Galungan. Selain itu, ada juga produk olahan yang dijual oleh pelaku UMKM. Diharapkan, kegiatan tersebut memberikan produk-produk pertanian dan UMKM yang lebih terjangkau kepada masyarakat.

I Ketut Antara dari Bidang DiskopUKMP Badung menambahkan bahwa sekitar 30 UMKM baik dari binaan DiskopUKMP maupun UMKM pertanian dan peternakan ikut serta dalam kegiatan tersebut. Pelaksanaan Pasar Murah dan Promo Tani ini diharapkan dapat menjaga stabilitas harga menjelang hari raya, seiring dengan imbauan Bupati Badung untuk menekan laju inflasi harga kebutuhan pokok agar stabil.(nik)