Teknologi AI Rambah Dunia Pendidikan, Ini Kata Wamenkominfo

Senin, 29 Januari 2024 : 18.50

 

Wamenkominfo Nezar Patria.

INIBALI.COM - Penggunaan kecerdasan buatan (AI) semakin merambah ke berbagai sektor, termasuk pendidikan. Mahasiswa dihadapkan pada kemudahan menggunakan aplikasi seperti ChatGPT untuk menyelesaikan tugas-tugas akademik mereka. Namun, Wamenkominfo Nezar Patria menekankan pentingnya integritas dalam memanfaatkan teknologi ini.

"Kejujuran adalah prinsip yang tak tergantikan, bahkan di tengah segala guncangan," tegas Nezar Patria, Sabtu (27/1/24).

Meskipun penggunaan ChatGPT menuai kontroversi di kalangan akademisi, Wamen Nezar Patria menegaskan bahwa pelarangan bukanlah solusi. Sebaliknya, mahasiswa diharapkan untuk bijak dalam memanfaatkannya.

"Biarkan inovasi berkembang, tapi gunakan dengan bijak. ChatGPT dapat menjadi alat yang sangat bermanfaat, misalnya dalam merencanakan bisnis," paparnya.

Namun, seiring dengan manfaatnya, kehati-hatian dalam menjaga keamanan data pribadi juga penting. Setiap platform digital memiliki akses terhadap data pengguna, yang bisa melampaui sekadar identitas pribadi hingga aktivitas dan pergerakan.

"Dalam lanskap digital saat ini, kesadaran akan perlunya menjaga keamanan data sangatlah vital," tambahnya seraya mengingatkan semua pihak untuk menjaga integritas dan keamanan dalam menghadapi perkembangan teknologi AI yang semakin masif.(nik)