Penjabat Gubernur Bali Minta Gali Potensi Hilirisasi Produk Pangan

Minggu, 28 Januari 2024 : 08.18
Penjabat (Pj) Gubernur Bali, S.M. Mahendra Jaya (tengah) saat unjungan ke Distanpangan Provinsi Bali di Sumerta Kaja, Denpasar.

INIBALI.COM - Dalam upaya memastikan keberlanjutan pertanian lokal di Bali, Penjabat (Pj) Gubernur Bali, S.M. Mahendra Jaya, mengarahkan jajaran Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distanpangan) Provinsi Bali untuk menggali potensi hilirisasi produk pangan. Kunjungan ke Distanpangan Provinsi Bali di Sumerta Kaja, Denpasar, pada Kamis (25/1/24), menjadi momentum penting untuk merumuskan strategi tersebut.

"Saatnya kita meningkatkan nilai tambah pada produk pertanian lokal agar dapat bersaing di pasar dengan harga yang menguntungkan," ujar Pj. Gubernur.

Dia menekankan pentingnya industri pengolahan dalam menjaga stabilitas harga dan memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi para petani dan masyarakat. Selain itu, Pj. Gubernur juga mendorong inovasi dalam penggunaan teknologi pertanian, seperti irigasi tetes, untuk meningkatkan produktivitas lahan yang terbatas di Bali.

"Kami perlu mencari terobosan untuk mencegah penurunan luas lahan pertanian akibat pertumbuhan sektor pariwisata. Bali memiliki target kedaulatan pangan yang harus diwujudkan," tegasnya.

Pj. Gubernur juga memberikan apresiasi atas peran Distanpangan Bali dalam menjaga inflasi di wilayah tersebut, yang tercatat berhasil dalam target sasaran 3±1 persen. Kunjungan ini juga menjadi langkah konkret dalam mewujudkan visi Bali sebagai daerah yang mandiri dalam sektor pertanian dan pangan.(nik)