Pengembangan UMKM di Badung Dibahas dalam Rakor Kadin

Selasa, 23 Januari 2024 : 18.13

Wabup Badung, Suiasa turut hadir dalam Rakor bersama Kadin Kabupaten Badung.

INIBALI.COM - Dalam upaya mempercepat pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Badung, Wakil Bupati (Wabup) Ketut Suiasa turut hadir dalam Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kabupaten Badung. Rakor ini bertujuan untuk membahas pengembangan UMKM dan fasilitas perizinan usaha guna memberikan dukungan yang lebih optimal bagi para pelaku usaha.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Badung, IB Gede Arjana, dalam sambutannya menekankan pentingnya mendukung para pelaku UMKM agar bisa mendapatkan izin sesuai standar yang berlaku. Dengan begitu, diharapkan akses permodalan dari lembaga keuangan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dapat lebih mudah diakses, mendorong pertumbuhan UMKM secara signifikan, dan berdampak positif pada ekonomi Kabupaten Badung.

"Kami berharap kepada semua elemen terkait untuk memberikan dukungan terhadap pertumbuhan UMKM di Badung karena ketika UMKM itu berkembang dengan baik tidak saja meningkatkan ekonomi juga penyerapan tenaga kerja," ujar IB Gede Arjana, Selasa (23/1/24).

Wabup Suiasa juga menekankan pentingnya inovasi dalam dunia usaha, mengajak para pelaku UMKM untuk terus berinovasi dan berharap hasil-hasil UMKM bisa diadopsi oleh Pemerintah Kabupaten Badung. Sebagai mitra Pemerintah Kabupaten Badung, diharapkan terjalin komunikasi yang berkelanjutan antara Kadin dan Pemkab Badung.

Ketua Kadin Badung, I Gede Putra Adnyana, menyampaikan bahwa sebagai mitra pemerintah, mereka masih menghadapi beberapa hambatan yang perlu dicarikan solusi. Dalam rakor ini, Kadin Badung juga berharap dapat dilibatkan secara maksimal dalam kegiatan pengadaan barang dan jasa. "Saya berharap pelaku UMKM dalam pengurusan izin bisa dimudahkan sesuai aturan yang ada. Kami berharap dalam pengurusan izin bisa lebih disederhanakan tapi tetap sesuai dengan aturan yang berlaku," ujarnya.

Rakor ini juga dihadiri oleh berbagai pejabat terkait, antara lain Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan, Kadis PMPTSP Badung, Kadis PUPR, dan sejumlah perwakilan dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) serta jajaran Kadin Badung. Harapannya, dengan terjalinnya kerjasama yang baik antara pemerintah dan pelaku UMKM, dapat diciptakan lingkungan usaha yang kondusif dan mendukung pertumbuhan ekonomi Kabupaten Badung.(nik)