Penerbangan Langsung Bali-Lampung Dorong Pertumbuhan Pariwisata

Kamis, 18 Januari 2024 : 10.27
Rute penerbangan langsung dari dan menuju Lampung di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, dibuka.

INIBALI.COM - Inovasi terus berkembang di langit pariwisata Indonesia dengan ditambahkannya rute penerbangan langsung dari dan menuju Lampung di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. Indonesia Air Asia, dengan nomor penerbangan QZ 182, memulai debutnya pada Rabu (17/1/24), membawa semangat baru dalam peningkatan konektivitas Pulau Bali.

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Handy Heryudhitiawan, menyambut positif pembukaan rute ini. "Ini merupakan pertama kalinya Provinsi Lampung terkoneksi dengan Bali. Dengan terbukanya rute ini kami yakini akan meningkatkan konektivitas serta semakin mendorong pertumbuhan sektor pariwisata kedua provinsi," ujarnya.

Rute Bali-Lampung menjadi yang pertama kali dilayani di Bandara I Gusti Ngurah Rai, membuka peluang baru bagi wisatawan dan pengusaha di kedua daerah. Sebelumnya, Bali hanya memiliki rute langsung ke Pulau Sumatera menuju Bandara Internasional Kualanamu, Medan, oleh maskapai Batik Air.

Indonesia Air Asia menjalankan rute ini dengan pesawat tipe Airbus A320, dengan nomor penerbangan QZ 182, terbang perdana dari Bali pada pukul 10.50 WITA, membawa 120 penumpang. Dengan rencana operasional empat kali seminggu, pada hari Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu, penerbangan tersebut memangkas waktu perjalanan antara Bali dan Lampung menjadi kurang lebih 2 Jam 10 Menit.

Handy berharap, kedepannya semakin banyak maskapai yang melayani penerbangan langsung dari Pulau Bali ke Pulau Sumatera, sehingga kedua pulau dapat terhubung dengan baik. Sementara itu, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai saat ini telah melayani 21 rute domestik dan 36 rute internasional, mengukuhkan posisinya sebagai gerbang udara vital di Indonesia.

Pada bulan Januari, tambahan frekuensi penerbangan domestik ke Makassar, Solo oleh Super Air Jet, dan Balikpapan oleh Batik Air akan semakin memperkaya jaringan penerbangan dari Bali. Rencana tambahan penerbangan internasional oleh Juneyao Airlines untuk rute dari dan menuju Shanghai juga menjadi bukti semangat Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali untuk terus tumbuh dan berinovasi.(nik)