Pantai Kuta Kini Kumuh, Pj. Gubernur Bali Ambil Langkah Tegas

Jumat, 26 Januari 2024 : 09.55
Pj. Gubernur Bali, S.M. Mahendra Jaya, turun langsung ke Pantai Kuta, Badung pada Jumat, 26 Januari 2024.

INIBALI.COM - Pantai Kuta, yang sebelumnya mendapat sorotan positif berkat penataan oleh Pemerintah Kabupaten Badung, kini mendapat sorotan negatif. Keindahan pantai terkenal ini kini terlihat kumuh, mengundang keprihatinan. Pj. Gubernur Bali, S.M. Mahendra Jaya, turun langsung ke lokasi pada Jumat (26/1/24) pagi.

Didampingi oleh instansi terkait dan unsur TNI/Polri, Pj. Gubernur Bali menyatakan bahwa kondisi pantai Kuta memang terlihat kumuh. Banyak kios berbahan kayu ulin yang sebelumnya telah diatur dengan baik, kini rusak dan tidak sesuai dengan fungsi semula. Di belakang kios-kios tersebut, banyak barang dagangan yang berserakan dan tumpukan sampah, memberikan kesan kurang terawat.

"Kesan saya kumuh, banyak kios-kios yang sudah rusak dan ada yang tidak sesuai fungsi. Tadi saya masuk, saya lihat ada kamar mandi yang bagus, namun ada yang sampai pukul 08.00 Wita, ternyata masih terkunci. Ini sangat saya sayangkan," ungkap Pj. Gubernur.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa kunjungannya bertujuan untuk menanggapi keluhan wisatawan yang merasa kecewa melihat pantai Kuta yang terkesan kumuh ini. "Kenapa saya pengen kemari karena saya dengar banyak wisatawan yang komplain, karena sangat kecewa melihat kawasan pantai Kuta yang sudah ditata sedemikian rupa oleh Bupati Badung, namun terkesan kumuh. Setelah saya lihat, ini yang dikelola desa adat, diberikan kepada warga pengelolaannya, namun disewakan lagi kepada orang lain," tambahnya.

Pj. Gubernur menyampaikan keprihatinannya terkait pengelolaan pantai Kuta yang tidak sesuai dengan upaya penataan yang telah dilakukan oleh Bupati Badung. Ia menyoroti adanya tindakan intimidasi, baik fisik maupun psikologis, yang masih terjadi. Pihaknya meminta Bupati Badung untuk turun tangan dan menertibkan masalah ini.

Dengan penuh harapan, Pj. Gubernur berharap agar kondisi Pantai Kuta dapat dikembalikan seperti konsep yang telah dibuat oleh Bupati Badung, menjadikannya destinasi yang luar biasa dan terjaga.(nik)