Badung Hijaukan Jalan Labuan Sait dengan 1000 Tabebuya

Minggu, 21 Januari 2024 : 16.44
Program penanaman 1000 pohon tabebuya di sepanjang Jalan Labuan Sait. 

INIBALI.COM - Pemerintah Kabupaten Badung terus mengukuhkan komitmen penghijauan dengan meluncurkan program penanaman 1000 pohon tabebuya di sepanjang Jalan Labuan Sait. Acara berlangsung meriah Minggu (21/1/24).

Penyerahan secara simbolis dilakukan di area parkir Pantai Labuan Sait. Sekda Badung, Wayan Adi Arnawa mengungkapkan kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Desa Adat Pecatu dengan Pemerintah Desa Pecatu dalam program penghijauan ini. Labuan Sait, sebagai daerah pariwisata yang sedang berkembang, memerlukan perhatian khusus dalam pengelolaan landscape dan infrastruktur.

"Ini bagus sekali. Lebih-lebih, Labuan Sait merupakan daerah pariwisata yang sedang berkembang. Jadi memang seharusnya kita tata, baik dari segi landscape ataupun infrastrukturnya," ucapnya sembari membeberkan rencana pembangunan infrastruktur jalan dari Ayana menuju Pura Luhur Uluwatu.

Sekda Adi Arnawa juga memberikan apresiasi kepada masyarakat Pecatu yang telah bersatu untuk mengurangi kemacetan dengan membuka akses jalan secara swadaya. "Ini menunjukkan dukungan dari Pemerintah Desa dan Desa Adat kepada pengembangan pariwisata di Pecatu ini sangat luar biasa," tambahnya.

Bendesa Adat Pecatu, l Made Sumerta, menyampaikan tujuan dari penanaman pohon tabebuya ini bukan hanya untuk membuat Pecatu lebih asri dan berbunga, tetapi juga sebagai langkah mengatasi beberapa pohon yang sudah mati.

Diharapkan, dengan tumbuhnya pohon tabebuya, Jalan Labuan Sait dapat menjadi akses yang teduh, memberikan manfaat pada aktivitas masyarakat, terutama dalam menghadapi acara ngaturang ayah ketika Ida Bhatara lunga. "Jadi paling tidak ini nantinya akan membantu mengurangi rasa panas," ujar Made Sumerta.

Program penanaman tabebuya ini merupakan langkah berkelanjutan, saat ini telah memasuki tahap II dengan penanaman 1000 pohon, dan rencananya telah dilakukan pemesanan sebanyak 600 pohon untuk tahap berikutnya. Upaya ini menunjukkan keseriusan Badung dalam menjaga kelestarian lingkungan sekaligus meningkatkan kualitas pariwisata di Labuan Sait, Pecatu.(nik)