Pongki Barata dan Icha 'Jikustik' Bikin Penonton Berkingkrak di Sanfest 2022

Sabtu, 20 Agustus 2022 : 14.26

Penampilan Pongki Barata dan penyanyi latar di Surya Stage, AstraPay Sanur Village Festival 2022. (Foto: Dok Sanfest 2022).

INIBALI.COM - Duo personel Jikustik bereuni di Surya Stage, AstraPay Sanur Village Festival 2022, Jumat, 19 Agustus 2022 malam. 

Mereka  adalah Pongki Barata selaku vokal dan Aji Mirza Hakim (Icha) sang pembentot bass sekaligus vokalis. 

Hal itu menjadi sesuatu yang istimewa, apalagi Icha mengaku sudah 12 tahun tidak pernah ke Bali. Icha datang dari Samarinda untuk memenuhi keinginan sahabatnya Pongki untuk main di Sanfest.

Kehadiran Icha disambut riuh oleh para penonton, sebab mereka sudah lama tidak menyaksikan duet maut sang pelantun lagu-lagu Jikustik. 

Icha sendiri diperkenalkan tampil di atas panggung setelah Pongki dan band membawakan sejumlah lagu, di antaranya Seribu Tahun Lamanya  dan Seindah Biasa. Lagu Seindah Biasa merupakan lagu ciptaan Pongki yang dinyanyikan oleh penyangi malaysia Siti Nurhaliza.

Pongky sendiri mengaku sudah tidak asing dengan Sanfest, sebab ia sempat 2 kali mengisi acara tersebut. Ia juga termasuk sering diundang manggung di Bali, sebelum pandemi. 

Untuk membuat malam itu menjadi berbeda dengan yang lain, maka dihadirkanlah Icha. Yang merupakan teman yang selama ini menemani karier bermusiknya dan menjadi tandem di berbagai panggung di Indonesia. 

"Siapa yang datang dengan pacarannya, siapa yang tidak dengan pacarnya, siapa yang jomblo. Jomblo kok bangga," celoteh Pongky disambut gelak tawa penonton.

Saat berduet dengan Icha, mereka membawakan beberapa lagu yang diakui tidak pernah atau jarang dibawakan di Bali. Seperti lagu Putri, Saat Kau Tak di Sini, dan Maaf. Lagu-lagu tersebut memang khas dengan suara icha yang memiliki nada tipis dan melengking. 

Dalam kesempatan itu, Icha juga sempat membawakan sejumlah lagu yang diciptakan untuk Rossa, yaitu Aku Bukan Untukmu. "Senang tampil di Bali setelah 12 tahun absen tidak pernah kesini," ucap Icha.

Tampil di Surya stage, Pongky berpakaian serba putih dengan membawa gitar akustik berwarna putih. Saat menyanyikan lagu Aku Milikmu (Malam Ini), Pongki meminta para penonton untuk menyalakan flash handphone dan mengikuti gerak tangannya ke atas, sembari ikut menyanyikan lagu tersebut.

Kemudian ia lanjut membawakan lagu Setia. "Malam ini kita harus bersyukur karena dalam keadaan baik, cuaca mendukung, tuhan merestui. Kita harus mengapresiasi alam dan mengucap sykur kepada tuhan  untuk kelancaran acara ini," celoteh Pongki.

Ia juga membawakan sebuah lagu baru miliknya, yang dirilis pada bulan Juni lalu. Lagu itu menceritakan tentang keikhlasan seseorang yang mencintai seseorang tanpa harus bersama. Namun yang berdangkutan masih bisa menunjukan kasih sayangnya dalam bentuk perhatian yang berbeda. Judul lagu itu yaitu Aku Peluk Kamu. Kendati bernuasa sedih  namun anehnya tempo lagu itu termasuk nge-beat.

Melihat banyaknya penonton dan riuhnya penonton yang aktif berinteraksi di panggung, ia mengaku sangat bahagia melihat itu semua. 

Bahkan Pongki menyebut sayang dengan suasana itu, namun tidak lebih sayang dari istrinya. Ia kemudian lanjut melantunkan lagu Seperti Yang Kau Pinta, klanta Papa Rock N Roll (by Dance cCompanny), dan ditutup Selamat Malam Dunia. (wan)