ISI Denpasar Raih Penghargaan Unggul Indikator Kinerja Utama, Pendaftaran Delapan Prodi Diperpanjang

Minggu, 03 Juli 2022 : 11.36

Rektor ISI Denpasar Prof Dr. I Wayan Kun Adnyana (kedua kiri) membawa sertifikat atas prestasi membanggakan Kampus ISI Denpasar.

INIBALI.COM - Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar meraih penghargaan unggul  capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) 6 bidang Kerja Sama Perguruan Tinggi dengan Mitra Bereputasi Internasional pada Liga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Satuan Kerja (Satker) se-Indonesia. 

Selain itu, perguruan tinggi seni kebanggaan Bali ini juga meraih prestasi posisi tertinggi IKU pada Liga Perguruan Tinggi Seni Negeri Indonesia. Prestasi IKU yang diumumkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) ini merupakan capaian tahun 2021. 

Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Plt. Dirjen Diktiristek Prof. Nizam  kepada Rektor ISI Denpasar Prof. Dr. Wayan Kun Adnyana, di Jakarta, Senin 17 Juni 2022.

Menteri Dikbudristek Nadiem Makarim MBA yang hadir menyaksikan penyerahan penghargaan itu menjelaskan kompetisi pencapaian IKU pada perguruan tinggi negeri merupakan ajang untuk peningkatan prestasi perguruan yinggi dalam membangun kualitas layanan dan daya saing. 

Kompetisi terbagi dalam beberapa liga baik antarindikator maupun keseluruhan indikator, yakni Liga PTN Badan Hukum, PTN Badan Layanan Umum, PTN Satker, dan PTN Seni Satker. 

Rektor ISI Denpasar Prof. Dr. I Wayan Kun Adnyana mengatakan penghargaan capaian IKU baik per-indikator maupun seluruh indikator ini, merupakan apresiasi Kemdikbudristek atas kinerja Perguruan Tinggi se-Indonesia. 

Kata dia indikator kinerja di antaranya meliputi: kualitas lulusan, pembelajaran Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), kualitas dosen, akreditasi, kerja sama dengan mitra bereputasi, kurikulum, dan juga capaian SAKIP, menjadi orientasi strategis pengelolaan perguruan tinggi setiap tahun.

"Bersyukur, berkat kerja keras dan soliditas antar seluruh pimpinan, dosen, dan tenaga pendidik ISI Denpasar, capaian IKU Tahun 2021 berhasil melampaui Tahun 2020," ujarnya.

Pada tahun lalu ISI Denpasar hanya bertengger pada posisi ketiga, di bawah ISI Yogyakarta dan ISI Surakarta. Capaian IKU 2021, yang diumumkan penghargaannya minggu lalu, ISI Denpasar berhasil menempati posisi teratas. 

"Bahkan Indikator Kerja Sama dengan Mitra Bereputasi, kami meraih terbaik pada liga PTN Satker, yang mana kompetisinya untuk seluruh universitas atau institut negeri satker se-Indonesia. Tentu ini sangat membanggakan,“ kata Prof Kun Adnyana. 

Rektor ISI Denpasar Prof. Dr. Wayan Kun Adnyana (kiri) menerima penghargaan yang diserahkan oleh Plt. Dirjen Diktiristek Prof. Nizam di Jakarta, Senin 17 Juni 2022.

Mantan Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali ini mengatakan begitu dilantik sebagai Rektor pada 22 Maret 2021 lalu langsung melakukan pembenahan radikal untuk menjawab kontrak IKU yang ditandatangani Dirjen dan Rektor masing-masing Perguruan Tinggi. 

“Mulai dari menyusun dan memberlakukan kurikulum MBKM untuk seluruh prodi sarjana dan sarjana terapan, menjalin kerja sama dengan mitra strategis secara masif, memberi fasilitasi peningkatan kualitas penelitian dosen, termasuk mendirikan jurnal ilmiah pada setiap prodi, dan menciptakan wahana  diseminasi baru berupa Bali Sangga Dwipantara (skala Nasional) dan Bali Padma Bhuwana (skala Internasional). Secara berkala dilakukan evaluasi akslerasi pencapaian IKU, serta secara disiplin melaporkan capaian kinerja,“ terang Guru Besar bidang Sejarah Seni Rupa itu. 

Wakil Rektor bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Dr Anak Agung Gede Rai Remawa menjelaskan upaya menjalin kerja sama dengan mitra strategis untuk setiap prodi dilakukan secara masif, dan  betul-betul menjawab kebutuhan penyelenggaraan pembelajaran di luar institut sesuai kurikulum MBKM kami. 

“Pada tahun 2021, walau pandemi Covid-19 masih tinggi waktu itu, penandatanganan kerja sama tetap kami lalukan dengan metode drive thru, atau penandatangan tanpa pertemuan, turun atau tanpa turun dari kendaraan. Kami juga dedikasikan penghargaan Sewaka Kerthi Mahawidya Nugraha kepada seluruh mitra bereputasi," terang doktor desain lulusan Institut Teknologi Bandung ini. 

Pendaftaran Delapan Prodi Diperpanjang 

Dr Agung Rai Remawa menambahkan untuk mewadahi talenta muda bidang seni dan desain lulusan SMA/SMK empat tahun terakhir, pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Mandiri Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar diperpanjang sampai Rabu 6 Juli 2022. 

“Sembilan program studi sarjana dan sarjana terapan yang diperpanjang tersebut, yakni: Animasi, Desain Produk, Desain Mode, Kriya, Musik, Pendidikan Seni Pertunjukan, Seni Karawitan, Tari dan Seni Pedalangan,“ terangnya. 

Bagi lulusan sarjana rumpun humaniora silakan mendaftar pada Prodi Pendidikan Seni Program Magister dan Prodi Seni Program Magister. Pendaftaran Prodi Magister diperpanjang hingga Jumat 15 Juli 2022. ISI Denpasar dengan Akreditasi Perguruan Tinggi A memastikan pelayanan pendidikan terlaksana unggul. Talenta muda kreatif diajak mendaftar dan bergabung dengan ISI Denpasar. 

Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama ISI Denpasar Prof. Dr. I Komang Sudirga menambahkan hari ini tata kelola Perguruan Tinggi memang mesti ditopang kerja sama lintas bidang, baik dengan mitra Perguruan Tinggi, Pemerintah, maupun swasta.

“ISI Denpasar sejak tahun lalu telah melibatkan lebih dari seratus mitra bereputasi, termasuk kalangan profesional dan juga maestro seni serta desain,“ katanya. 

Penghargaan terbaik untuk capaian IKU tahun 2021 ini, tentu menjadi catatan prestasi ISI Denpasar dalam mengimplementasikan kampus seni ini sebagai Pusat Hub Seni dan Kreativitas kelas dunia; Global-Bali Arts and Creativity Centre Hub (G-BACCH).***