Universitas Warmadewa Targetkan Penelitian Berorientasi Paten

Jumat, 05 Maret 2021 : 20.22


DENPASAR (inibali.com): Universitas Warmadewa (Unwar) menargetkan hasil-hasil penelitian ke depan yang lebih berorientasi paten. 

Rektor Universitas Warmadewa Prof. Dr. I Dewa Putu Widjana mengatakan dengan berorientasi paten diharapkan hasil-hasil penelitian dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. 

"Mari setiap hasil penelitian untuk bisa menjadi paten," katanya di sela-sela sosialisasi Renstra Penelitian oleh Lembaga Penelitian Universitas Warmadewa 2021-2025, Jumat (5/2/2021).


Menurut Widjana kualitas penelitian pada dasarnya berkorelasi dengan ketersediaan dana. Salah satu upaya yang telah dilakukan adalah memfasilitasi penelitian dengan sumber-sumber dana penelitian. 

Widjana mengakui untuk mendorong penelitian, sudah mulai disiapkan kelompok-kelompok penelitian. Kelompok penelitian akan didanai untuk pembuatan proposal. 

"Selama ini ada tawaran, baru buat proposal. Sehingga nanti ada kumpulan proposal yang siap ditawarkan" ujarnya.

Kata dia dengan peningkatan yang ada di Universitas Warmadewa, kini banyak mahasiswa internasional yang ingin kuliah di Universitas Warmadewa. Namun kondisi pandemi kini menjadi salah satu tantangan.(*/wan)