Cuaca Ekstrem, ITDC Pastikan The Nusa Dua Beroperasi Normal

Senin, 08 Februari 2021 : 23.28


NUSA DUA (inibali.com): PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) pengelola kawasan The Nusa Dua melakukan sejumlah langkah untuk memitigasi dampak cuaca ekstrem yang melanda wilayah ini. 

Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita mengatakan langkah mitigasi yang dilakukan antara lain memangkas ranting pohon yang berpotensi patah, pemeriksaan menyeluruh atas sistem operasional dan pemeliharaan infrastruktur untuk meminimalisasi gangguan sekaligus memastikan seluruh sistem dapat berfungsi dengan baik dalam menghadapi cuaca ekstrem.

“Tim kami telah melakukan pengecekan seluruh area dalam kawasan guna memastikan tidak ada kerusakan baik itu sistem kelistrikan, CCTV, dan sistem operasional kawasan lainnya,” katanya, Senin (8/2/2021). 

Menurut Ardita dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan adanya permasalahan di dalam kawasan dan semua sistem infrastruktur dasar kawasan berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, hingga saat ini, kawasan The Nusa Dua aman untuk dikunjungi wisatawan dan beroperasi normal walaupun kondisi cuaca masih belum bersahabat.

Sebagai pengelola kawasan, ITDC selalu melakukan kegiatan pemeliharaan rutin dan terjadwal berupa pembersihan tangkapan air hujan dan melakukan pengecekan sistem drainase untuk mengantisipasi genangan air sebanyak dua kali dalam seminggu. 

Ardita menambahkan ITDC juga memanfaatkan sistem biopori untuk meningkatkan kemampuan kawasan dalam menyerap air sekaligus sebagai program konservasi lingkungan. Biopori yang disebut juga ‘istana cacing’ ini merupakan teknologi alternatif dan sederhana untuk penyerapan air hujan dan mencegah banjir. 

“Selain untuk resapan air, biopori juga berguna sebagai pengolah sampah rumah tangga. Saat ini telah ada sebanyak 20 titik lubang biopori yang tersebar di sejumlah titik dalam kawasan The Nusa Dua,” ujarnya.

Kata dia dengan sistem drainase yang sudah teruji lebih dari 45 tahun, kelengkapan SOP mitigasi bencana serta penanganan cepat yang dilakukan oleh tim operasional kawasan dipastikan pastikan kawasan The Nusa Dua aman dan dapat beroperasi secara normal menghadapi cuaca ekstrem. 

“Kami juga selalu melakukan koordinasi dengan pemerintah serta desa penyangga untuk bersama-sama mengantisipasi potensi bencana yang dapat ditimbulkan oleh cuaca ekstrem ini,” kata Ardita.(wan)