Ini Pesan Menkop & UKM Saat Berkunjung ke Gedung Dharma Negara Alaya

Senin, 07 September 2020 : 18.36



DENPASAR (inibali.com): Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah untuk terus menggali sumber inspirasi dari kekayaan hasil alam dan budaya untuk memperkuat ekonomi kreatif.

Teten menyampaikan hal tersebut saat berkunjung ke Gedung Dharma Negara Alaya (DNA) yang menjadi pusat inkubasi bagi pelaku UMKM di Denpasar, Minggu (6/9/2020).

"Gedung ini patut menjadi role model inkubasi bagi pelaku UMKM terutama di sektor ekonomi kreatif," katanya.

Teten berharap apa yang telah dicetuskan Wali Kota Denpasar  Ida Bagus Rai Dharmawijaya agar UMKM bisa melahirkan produk unggulan melalui belajar dan berbagi pengalaman sehingga menjadi wirausaha yang andal.

Teten menambahkan dengan adanya gedung seperti ini dapat menjadi pusat pertukarpikiran untuk mendapatkan solusi mulai dari konsep hingga menyelesaikan berbaoai persoalan ekonomi kreatif.

"Ini benar-benar sebuah konsep pembangunan ekonomi kreatif yang sangat komprehensif," ujarnya.

Kata dia Kementerian Koperasi sedang mengevaluasi sejumlah program terutama pelatihan UMKM yang terintegrasi dengan pembiayaan. UMKM harus didukung kapasitas sumber daya manusia yang baik, produk dan market yang terintegrasi dengan ekosistem sekaligus perizinan untuk kemudahan mendapatkan sertifikat.

“Jadi saat ini saya sudah Punya modelnya  di Kota Denpasar dengan melihat pertumbuhan ekonomi kreatif yang sangat baik di Denpasar,” ungkapnya.

Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra mengatakan Gedung Dharma Negara Alaya memang untuk membangkitkan kreativitas generasi muda agar menjadi entrepreneur andal dan bersaing di dunia global. 

"Jadi gedung DNA ini menjadi wahana untuk menemukan talenta talenta dibidang ekonomi  kreatif," kata Rai Mantra.(wan)