Gojek dan UN Women Dorong Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Indonesia

Senin, 07 September 2020 : 18.50

JAKARTA (inibali.com) - Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan (UN Women) dan Gojek menandatangani nota kesepahaman untuk mendorong pemberdayaan ekonomi perempuan di Indonesia.

Upaya tersebut didasari mandat UN Women untuk mendorong kesetaraan gender dan komitmen Gojek untuk mendukung pertumbuhan yang inklusif di komunitas, Kerja sama ini akan menyediakan kerangka untuk memperkuat sinergi dan advokasi bersama yang bertujuan mengedukasi lebih banyak perempuan akan hak-hak mereka untuk kesempatan ekonomi yang setara.

Untuk mendukung pengusaha perempuan, serta mengeluarkan potensi ekonomi perempuan selama pandemi Covid-19 dan setelahnya, kemitraan ini akan mencakup tiga area kerja sama, yakni pertama, mendukung kewirausahaan perempuan melalui pengembangan kapasitas dan peningkatan pengetahuan.

Kedua, mengumpulkan data baru dan analisis mengenai dampak Covid-19 pada usaha kecil dan mikro, termasuk terhadap mitra Gojek dan lainnya, untuk memformulasikan strategi dan kebijakan berbasis data untuk pemulihan ekonomi nasional.

Ketiga, mempromosikan keamanan perempuan di ruang publik untuk memastikan partisipasi penuh perempuan dalam kehidupan publik, termasuk dalam mengejar peluang ekonomi.

Jamshed Kazi, UN Women Representative and Liaison to ASEAN mengatakan meningkatkan partisipasi ekonomi perempuan dapat membuat perubahan dalam transformasi ekonomi untuk memastikan pertumbuhan yang lebih berkelanjutan dan inklusif di Indonesia.

"Penting untuk memastikan bahwa pemulihan Covid-19 dapat menciptakan kesempatan ekonomi yang setara bagi semua. Sering kali, kebutuhan unik perempuan kurang dikenali dan masih sedikit lingkungan yang mendukung pengembangan kesempatan bisnis mereka," katanya, dikutip dari rilis, Minggu (6/9/2020).

Menurut Jamshed kerja sama dengan Gojek akan berfokus untuk menggunakan pendekatan yang inovatif dan berbasis data dalam mengubah status quo ini.

Ia menambahkan dengan berkolaborasi memanfaatkan penggunaan informasi dan teknologi yang tepat guna secara maksimal, tujuan kami bersama adalah memberdayakan perempuan yang kurang beruntung untuk mengatasi hambatan dalam meraih peluang ekonomi dan memastikan tidak ada yang tertinggal, khususnya di masa yang penuh tantangan ini.

UN Women bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dan pemangku kepentingan lainnya, termasuk sektor swasta agar mereka dapat memasukkan perspektif gender dalam perencanaan respon terhadap Covid-19.

Sebagai bagian dari upaya ini, UN Women berkolaborasi dengan sektor swasta untuk mengintegrasikan kesetaraan gender dalam praktik dan budaya bisnis melalui implementasi Prinsip-Prinsip Pemberdayaan Perempuan dan meningkatkan akses terhadap pasar dan keuangan bagi perempuan wirausaha yang terdampak Covid-19 melalui platform online WeLearn.

Chief of Corporate Affairs Gojek Nila Marita mengatakan perusahaan penyedia jasa tersebut berkomitmen mendukung pemberdayaan ekonomi untuk semua orang yang dianggap kurang mampu di dalam masyarakat kita – terutama perempuan.

"Kami percaya bahwa perempuan harus mendapatkan akses yang setara akan peluang ekonomi agar masyarakat dan ekonomi kita dapat memastikan pertumbuhan yang inklusif dan adil. Kami senang dapat memperkuat kerja sama dengan UN Women dan membangun komitmen bersama untuk memberdayakan perempuan wirausaha melalui program pelatihan dan kesempatan pengembangan kapasitas, serta memastikan keamanan perempuan di dalam dan luar platform kami,” tuturnya.

Inisatif Gojek yang berfokus pada perempuan mencakup Gojek Wirausaha, sebuah program pengembangan kapasitas mengenai keterampilan berbisnis yang telah diikuti oleh ribuan pengusaha perempuan.

Selain itu, Gojek Xcelerate Women Founders, program akselerator yang berfokus pada startup yang dibangun oleh perempuan; pelatihan bystander intervention dengan Hollaback! Jakarta untuk mencegah pelecehan seksual, dan kampanye keamanan perempuan di seluruh Indonesia dengan meningkatkan jumlah shelter Gojek di tempat-tempat transit utama untuk mengikuti standar keamanan yang direkomendasikan dalam laporan UN Women yang berjudul: Setelah Gelap: Menciptakan Transit yang Aman untuk Perempuan yang Bepergian di Malam Hari.

Kolaborasi UN Women dan Gojek mencerminkan upaya untuk meningkatkan kerja sama dengan sektor swasta dan mendorong lebih banyak perusahaan berinvestasi pada pemberdayaan ekonomi perempuan.

Investasi tersebut diharapkan dapat mempercepat kemajuan dalam pencapaian kesetaraan gender, penghapusan kemiskinan, dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif di Indonesia.(wan)