ITDC Lawan Covid-19, Bagikan Masker dan Handsanitizer kepada Jurnalis

Jumat, 17 April 2020 : 15.24


NUSA DUA (inibali.com): PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/ Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) melalui program "ITDC Lawan Corona" memberikan bantuan 30 paket masker dan handsanitizer kepada jurnalis yang bertugas di wilayah Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardika sebagai wakil ITDC kepada I Komang Widagda dari media inibali.com, I Ketut Sugiadnyana dari Denpost dan Naufal Fikri Yusuf dari LKBN Antara sebagai wakil jurnalis, bertempat di Kantor ITDC yang juga salah satu Posko Satgas BUMN Antisipasi Covid -19 Provinsi Bali, Jumat (17/4/2020).

Bantuan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan  ITDC Lawan Corona melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dalam upaya mendukung pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19 di lingkungan Kawasan The Nusa Dua dan masyarakat desa penyangga.

“Selain memberi bantuan kepada desa penyangga, kami juga memberi bantuan kepada jurnalis sebagai garda terdepan penyampaian informasi publik. Hal ini merupakan wujud apresiasi dan terima kasih kami atas dedikasi rekan jurnalis yang tetap bertugas di tengah pandemi Covid-19,” kata VP Corporate Secretary ITDC Miranti Nasti Rendranti.

Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita mengatakan jurnalis merupakan salah satu profesi yang rentan terpapar Covid-19 di mana dalam kondisi merebaknya pandemi ini, jurnalis harus tetap menyajikan berita dan kadang harus mencari informasi dari banyak sumber di lapangan.

"Kami berharap bantuan ini bisa membantu jurnalis dalam mencari berita dengan tetap menjalankan protokol kesehatan sekaligus dapatmenghindarkan rekan jurnalis dari potensi tertular Covid-19 saat bertugas di lapangan,” katanya.


Melalui payung Program PKBL ITDC Lawan Corona,sebelumnya ITDC telah melakukan bantuan penyemprotan disinfektan dan menyerahkan bantuan peralatan dan bahan disinfektan bagi desa penyangga, yang mencapai 18.500liter cairan disinfektan, 16 unit alat sprayer, 40 hand sanitizer.

Kegiatan tersebut dilakukan pada Sabtu (4/4) dan Rabu (8/4). Pada bulan Maret, telah dilakukan juga penyemprotan disinfektan di dalam kawasan The Nusa Dua dan lingkungan Desa Adat Bualu. 
Untuk menjaga kawasan The Nusa Dua terhindar dari penularan Covid-19, ITDC, melalui SBU The Nusa Dua, telah mengeluarkan surat edaran kepadatenantagar tenant melakukan kegiatan preventif di tempat usaha mereka dengan melaksanakan kegiatan kebersihan secara rutin, menyediakanhand sanitizer sertamelakukan penyemprotan disinfektan.

ITDC juga telah merapkan pengaturan operasional Kawasan The Nusa Dua antara lain menetapkan Pintu Utama sebagai akses masuk dan keluar utama kawasan untuk wisatawan yang menginap dan karyawan yang bekerja serta menutup sementara pintu utara dan selatan, mengatur operasional layanan Shuttle Bus Kawasan dengan sistem panggilan dan membatasi maksimum 4 orang dalam setiap unit shuttle, serta mengatur aktivitas wisatawan didalam kawasan dengan menerapkanphysicaldistancingdansocial distancing.

Selain itu, sebagai bagian dari Satuan Tugas (Satgas) Tanggap Covid-19 BUMN di Provinsi Bali yang dikoordinir oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)/Pelindo III sebagai Ketua Satgas, ITDC bersama 22 BUMN yang ada di Bali lainnya telah melakukan upaya cepat dengan membentuk Command Centre (Posko) dan menyiapkan fasilitas sanitasi di sejumlah kota dan kabupaten di Provinsi Bali antara lain, 2 posko di Kotamadya Denpasar, 2 posko di Kabupaten Badung (Bandara I Gusti Ngurah Rai dan Kantor ITDC Kawasan The Nusa Dua), 1 posko di Kabupaten Gianyar, 1 posko di Kabupaten Tabanan, 1 posko di Kabupaten Jembrana, 1 posko di Kabupaten Klungkung, 1 posko di Kabupaten Bangli, 1 posko di Kabupaten Buleleng dan 1 posko di Kabupaten Karangasem Total sudah ada 11 posko yang telah disiapkan di seluruh Bali.

Posko Satgas BUMN Antisipasi COVID-19 Provinsi Bali di Kawasan The Nusa Dua yang bertempat di Kantor ITDC telah dilengkapi dengan alat pengukur suhu tubuh serta hand sanitizerdan memiliki tugas antara lain melakukan sosialisasi pencegahan COVID-19 dengan menyebarkan brosur, sebagai tempat pengaduan pengunjung/tamu jika diiindikasi ada gejala di luar kondisi normal, melakukan mitigasi jika ada suspect dan membawa ke rumah sakit rujukan, melakukan monitoring berkala terkait jumlah informasi yang telah diberikan selaku spokeperson penyedia informasi bagi tenant dan masyarakat  desa penyangga, melakukan koordinasi untuk pemberian bantuan dari tenant Kawasan The Nusa Dua dengan pihak terkait seperti Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Rujukan, serta berkoordinasi dengan Posko Ka Satgas BUMN dan instansi terkait pengaturan petugas harian di posko.

“Pandemi Covid-19 harus kita lawan bersama. ITDC akan terus bersinergi dengan seluruh pihak dan secara aktif melakukan langkah-langkah preventifserta pencegahan penyebaran Covid-19 di dalam kawasan maupun lingkungan desa penyangga The Nusa Dua untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Mari bersama-sama mengurangi sebaran Covid-19 di Pulau Bali mulai dari diri kita sendiri menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta patuh terhadap kebijakan Pemerintah,” tutur Ardita.
(wan)