Konser Online 1 Jam, Ini Penampilan Indra Lesmana dan Dewa Budjana

Kamis, 30 April 2020 : 22.07

DENPASAR (inibali.com): Dua musisi jazz Indra Lesmana dan Dewa Budjana menggelar online concert bertajuk "Mostly Jazz" yang disiarkan melalui laman Loket.com sekitar 1 jam, Kamis (30/4/2019) malam.

Konser yang digelar pada masa pandemi virus corona baru (covid-19) ini juga untuk merayakan Hari Jazz Internasional.

Kedua musisi ini berada di tempat tinggal masing-masing yakni Indra di Sanur, Bali dan Budjana di Jakarta. Sedangkan penonton bisa menyaksikan dari mana saja pada masa stay at home akibat wabah covid-19 saat ini.

Indra mengatakan meskipun tidak konser di atas panggung, ada tantangan tersendiri dan membuat was-was karena selain persiapan secara teknis juga mengandalkan koneksi inernet.

“Ya, tadi ada sedikit gangguan, dan ternyata para penonton maklum,” kata Indra seusai gangguan internet yang sempat membuat jeda sejenak konser.

Beberapa lagu yang dibawakan di antaranya Greenfield, Somewhere Somehow, Friendship, Wanita, Barong Landung, dan Bulan di Atas Asia dengan iringan keyboard oleah Indra dan gitar oleh Budjana.

Selain itu, Eva Celia membawakan sebuah lagu I Remember April karya Gene de Paul, Patricia Johnston dan Don Raye yang populer pada awal 1940-an.

Di sela-sela konser, Indra dan Budjana berbincang seputar perkenalan mereka hingga menggarap proyek musik bersama.

Beberapa karya yang puluhan tahun mereka garap dan dibawakan pada konser ini akan dipersembahkan dalam sebuah album dalam waktu dekat.

Menurut Budjana, keakraban mereka berawal dari perkenalan di pengujung 1984. “Setelah perkenalan itu saya jadi murid ayah Indra, om Jack Lesmana, dan terlibat dalam rekaman bersama,” katanya.

Indra pun memuji Budjana yang konsisten bermusik dan tidak hanya sukses sebagai musisi, tetapi juga menjadi komposer yang melahirkan karya-karya hebat.

Budjana mengaku konser ini merupakan pengalaman pertama secara live streaming dan sempat membuatnya grogi.

Mereka berdua bersyukur kemajuan teknologi bisa dinikmati juga dalam bermusik.

“Kerinduan kami untuk bertemu dan bertegur sapa secara langsung dengan para sahabat bisa terobati dengan adanya teknologi ini,” kata Indra seraya berharap pandemi covid-19 segera berakhir.

Indra menambahkan ada satu hal baru dlam konser seperti ini yakni interaksi energi yang agak beda. Mereka tidak bisa mendengar gemuruh tepuk tangan penonton, tetapi totalitas bermain tak berbeda dengan kosr di atas panggung.

Konser Mostly Jazz bakal berlanjut pada 8, 15, dan 22 Mei di antaranya menghadirkan musisi Indra Lesmana, Tohpati, dan Eva Celia.

Cara menonton konser ini dengan membeli tanda masuk melalui tiket.com.(wan)