Sukses Keliling Asia, Ngurah Wijaya Bermotor Menjelajah Benua Amerika

Rabu, 12 Februari 2020 : 13.12

Ida Bagus Ngurah Wijaya berfoto bersama perwakilan dari Pemkot Denpasar dan Pemprov Bali seusai penyerahan buku "Bali-Asia Tour, Petualangan Ida Bagus Ngurah Wijaya", Selasa (11/2/2020).
DENPASAR (inibali.com): Pengusaha yang juga biker, Ida Bagus Ngurah Wijaya, Rabu (12/2/2020), bertolak ke Santiago Chile untuk memulai perjalanan keliling Benua Amerika dengan mengendarai sepeda motor.

Ngurah Wijaya, 68 tahun, pada 2019 lalu selama 4 bulan berpetualang dengan sepeda motor 1.000 CC keliling Asia. Setelah istirahat 5 bulan, ia kembali melakukan perjalanan menjelajah Benua Amerika yang rencananya berlangsung 8 bulan.

"Tak ada persiapan khusus,  hanya menjaga fisik supaya siap menempuh oerjalanan panjang," katanya saat 'kick off party' yang dihadiri teman dekat di Segara Village Hotel, Selasa (11/2/2020) malam.

Pada acara tersebut, diluncurkan buku Bali-Asia Tour, Petualangan Ida Bagus Ngurah Wijaya, yang berisi kisah perjalanan menembus 15 negara dan menempuh jarak sekitar 30.000 kilometer. Buku ini dilengkapi foto-foto menarik dari setiap destinasi negara yang dilewati.

Buku yang merupakan dokumentasi perjalanan Ngurah Wijaya pada Juni-September 2019 itu, di antaranya diserahkan kepada perwakilan Pemprov Bali dan Pemkot Denpasar.

Menurut Ngurah Wijaya sepeda motor yang digunakan menempuh perjalanan Bali-America Tour 2020 sudah dikirim Januari lalu dan telah tiba di Santiago. Rabu (12/2/2020) ia bertolak ke Sydney, Australia dan Kamis (13/2/2020) pagi melanjutkan penerbangan ke Chile.

Ida Bagus Ngurah Wijaya (kanan) bersama Mario Iroth.

Dalam perjalanan kali ini, Ngurah Wijaya mengendarai motor sendiri, sedangkan kawan seperjalanan, biker muda Mario Iroth berboncengan bersama istri.

Ngurah Wijaya berharap petualangan bermotor ini menginspirasi generasi muda bahwa pada usia senja seperti dirinya masih ingin mendapatkan pengalaman baru.

"Semoga yang lebih muda juga lebih berani, mencoba berbagai tantangan di berbagai wilayah di belahan bumi ini," katanya.

Bali-America Tour 2020 bakal melintasi 19 negara dan diperkirakan menempuh jarak 44.116 kilometer berlangsung sekitar 8 bulan. Kota Santiago merupakan titik awal keberangkatan yang akan berakhir di Phudhou Bay, Alaska, Amerika Serikat, kota paling utara.

Ngurah Wijaya mengatakan akan membagi pengalaman sepanjang perjalanan ini melalui Instagram @baliamericatour2020 serta vlog di kanal Youtube dengan nama sama. (wan)