Gran Fondo New York Bali 2020 Awali Seri Balap Sepeda GFNY World Championship

Selasa, 28 Januari 2020 : 21.10

DENPASAR (inibali.com): Ajang lomba balap sepeda Gran Fondo New York (GFNY) Bali 2020 yang bakal digelar Minggu 23 Februari mendatang bakal menjadi seri pembuka GNFY World Series.

Ketua Penyelenggara GFNY Bali 2020 Tenne Permatasari mengatakan balap sepeda yang mengusung tema "Be a Pro for a Day" ini merupakan seri kualifikasi untuk GFNY World Championship yang masuk di kalender dunia, The Global Cycling Marathon Series.

“Terdapat sekitar 1.758 peserta dari 36 negara yang sudah mendaftar GFNY Bali," katanya dalam keterangan resmi Selasa (28/1/2020).

GFNY Bali merupakan bagian dari GFNY Indonesia yang mengambil lokasi start di depan Hotel Rumah Luwih Jl Bypass Id Bagus Mantra.

Menurut Tenne panitia telah melakukan audensi ke pemda setempat bertemu Wakil Gubernur Bali serta Wakapolda Bali. Dukungan dari pusat dating dari Korlantas Polri dan Kemenparekraf.

Seperti tahun sebelumnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga memasukkan event ini dalam kalender kegiatan Wonderful Indonesia.

Pemilihan Bali sebagai tempat pelaksanaan  race tak lepas dari pesona alam dan pariwisata Bali. Banyak peserta yang sudah memastikan sekalian liburan di Bali sebelum dan sesudah event ini bersama keluarga.

Salah satu agenda yang disiapkan panitia adalah Tourism and Bike Expo yang dilaksanakan 21-22 Februari 2020 di Hotel Rumah Luwih Beach Resort, Gianyar. Waktu ini juga dimanfaatkan untuk registrasi ulang dan pengambilan race pack.

Terkait teknis race, Tenne mengatakan ada dua kategori, Gran Fondo yang menempuh jarak 135 Km dan Medio Fondo yang menempuh jarak 105 Km. Rute yang dilalui kebanyakan berada di wilayah timur Pulau Bali.

Pengamanan rute di bawah Operasi Pengamanan Gapura Agung II-2020 oleh Polda Bali. Tiap peserta mendapatkan chip timing dan akan ada juara di tiap kategori, overall, dan umur.

Selain di Bali, GFNY juga dilaksanakan di 19 negara dengan 22 kegiatan. GFNY World Championship New York City digelar 17 Mei 2020 menjadi puncak acara kejuaraan dunia yang akan diikuti 8.000 peserta dari 107 negara.

Di GFNY NYC Bike Expo 14-16 Mei 2020, selain booth tenant dari pabrik sepeda dan apparel untuk olahraga sepeda, 19 negara penyelenggara GFNY mempunyai booth sendiri. Booth Indonesia nantinya akan dimanfaatkan juga  untuk mempromosikan pariwisata Bali.

Tenne menjelaskan GFNY didirikan oleh Lidia dan Uli Fluhme pada 2010 dan menggelar balap sepeda Gran Fondo New York pertama pada 8 Mei 2011.

Pada 21 September 2014, acara GFNY World pertama diadakan di Terracina, Italia. Pada bulan November 2014 menyusul GFNY Cozumel-Mexico.

Pada 2019, GFNY memiliki seri maraton bersepeda terbesar di dunia dengan 22 acara yang diadakan di Argentina, Brasil, Chili, Kolombia, Republik Dominika, Ekuador, Indonesia, Italia, Jerusalem, Meksiko, Panama, Filipina, Portugal, Uruguay, Florida, NYC, Jamaica.(wan)