Sejumlah Tokoh dari Bali Napak Tilas Tanah Kelahiran Rsi Markandeya di India

Selasa, 10 September 2019 : 13.15

DENPASAR (inibali.com): Sejumlah tokoh Hindu dari Bali melakukan perjalanan menapak tilas tempat kelahiran Maha Rsi Markandeya di Odhisa, India.

Ketua Nawa Cita Pariwisata Indonesia (NCPI) Bali Agus Maha Usadha dan President World Hindhu Parisad Made Mangku Pastika beserta rombongan dari Pulau Dewata melakukan lawatan pada 5-13 September 2019.

Ketua NCPI Bali Agus Maha Usadha mengatakan setiap November di tanah kelahiran Rsi Markandeya ini dilakukan upacara Bali Kalingga Yatra yang merupakan tradisi penghormatan perjalanan Rsi Markandeya 1.500 tahun silam.

Dalam pelayaran Sang Maha Rsi tersebut sampai jualah ke Bali dan menanamkan Panca Datu sebagai dasar keseimbangan Pulau Dewata yang ditandai pula dengan didirikannya Pura Besakih.

"Kami ingin napak tilas dan menandai semangat tersebut untuk kian mengakrabkan Bali dan India dalam sebuah pengenalan yang lebih baik dan mendalam," katanya melalui aplikasi pesan whatsapp, Selasa (10/9/2019).

Menurut Agus hal tersebut sejalan dengan misi NCPI Bali yang ingin meningkatkan keakraban hubungan dengan berbagai bangsa di dunia melalui pariwisata.

Kata dia selama kunjungan di India mendapat sambutan hangat, di antaranya dalam pertemuan bersama para pelaku bisnis setempat yang dihadiri Gubernur Odhisa Dr. Ganesh yang menjadi awal kerja sama Bali dengan India.

Kata dia Bali dan Odhisa akan bekerja sama di bidang pariwisata, budaya, pendidikan, dan desain yang merupakan hasil dari kunjungan ke National Institute Fashion Technology serta Utkhal International University.

Rombongan juga sempat bertandang ke Maritime Museum Chuttack Odhisa dan melakukan persembahyangan bersama di padmasana yang dibangun President WHP Made Mangku Pastika dengan persetujuan Chief Minister Odhisa Navin Patnaik.

"Kami berharap setelah lawatan ini hubungan antara Odhisa dan Bali yang semakin baik dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pulau Dewata," katanya.

Selain Ketua NCPI Bali Agus Maha Usadha dan Presiden WHP Made Mangku Pastika, ikut dalam rombongan ini di antaranya Ayu Pastika, Ketut Ngastawa, Agus Indra Udayana, Wirajati, dan Dr Igusti Putu Tirtayasa. (wan)