SMK Penerbangan Cakra Nusantara Terapkan MPLS Berbasis Industri 4.0 & Society 5.0

Minggu, 25 Agustus 2019 : 21.44

Siswa baru angkatan 2019/2020 SMK Penerbangan Cakra Nusantara mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).
DENPASAR (inibali.com)--SMK Penerbangan Cakra Nusantara menerapkan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang merupakan kegiatan penting bersifat edukatif, kreatif, dan menyenangkan serta bermanfaat bagi siswa baru angkatan 2019/2020.

“Pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru ini dilaksanakan dalam jangka waktu 3 (tiga) hari pada minggu ketiga awal tahun pembelajaran sesuai dengan Permendikbud No. 18/2016,” katanya, pekan lalu.

Kepala SMK Penerbangan Cakra Nusantara Indra Gita Saragih, S.Pd. mengatakan selama kegiatan MPLS, taruna-taruni merupakan subjek belajar, sehingga segala kegiatan dikemas dalam roleplay atau memperagakan langsung agar mereka lebih meresapi nilai karakter yang diajarkan.

Tujuan utama MPLS ini adalah untuk menggali potensi diri siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru, mengembangkan interaksi positif antarsiswa, dan warga sekolah lainnya serta menumbuhkan perilaku positif.

Ketua Panitia MPLS SMK Penerbangan Cakra Nusantara Putu Agus Mahendra, S.Pd. menjelaskan kegiatan ini sangat bermanfaat dan tanpa kekerasan fisik maupun mental yang diberikan baik dari senior ataupun panitia.

Kata dia dengan pendidikan karakter yang baik sejak awal, taruna-taruni mendapat predikat terbaik di tempat mereka praktik kerja lapangan. Sekolah dapat mengidentifikasi lebih awal potensi, bakat dan minat masing-masing peserta didik dan antisipasi sikap antinarkoba, pernikahan dini, pembulian, persekusi, radikalisme, intoleransi, serta LGBT.

Pada akhir 2018, sesuai SK BAN S/M No 762/BANP-SM/LL/XII/2018 SMK Penerbangan Cakra Nusantara meraih nilai Akreditasi A (Unggul). Hal ini membuktikan pendidikan di SMK Penerbangan Cakra Nusantara telah teruji unggul dalam 8 standar pendidikan nasional.                                              
SMK Penerbangan Cakra Nusantara telah terbukti mencetak tenaga-tenaga profesional dengan 4 program keahlian di antaranya: airframe and power plant (perbaikan dan perawatan bodi rangka pesawat udara), electrical avionics (kelistrikan pesawat udara), teknik transmisi telekomunikasi penerbangan serta otomatisasi dan tata kelola perkantoran bandara.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara memprioritaskan upaya penyaluran lulusannya untuk berkiprah di dunia internasional, karena itu seluruh taruna-taruni SMK Penerbangan Cakra Nusantara diberikan karakter sikap unggul, tangguh, mandiri di mana pun mereka berada, penguasaan tiga bahasa, yakni Inggris, Jepang, dan Mandarin.

Selain itu SMK Penerbangan Cakra Nusantara menggunakan Kurikulum Nasional 2018 yakni menerapkan 70% praktik dan 30% teori serta on job training di dalam dan luar negeri.

Putera-puteri bangsa yang berminat meniti karir di dunia penerbangan, kedirgantaraan, dan mampu mengikuti perkembangan dunia industri penerbangan, bisa mengikuti info lebih lanjut di situs www.smkpenerbangan.sch.id atau hotline 0361 4742600 dan  081237098090. Terampil lebih awal, sukses lebih cepat.(*)