Desa Mas Ubud dan Misato Jepang Rayakan 25 Tahun Persahabatan

Rabu, 23 Januari 2019 : 22.19

GIANYAR (inibali.com)--Desa Mas Ubud, Gianyar dan Desa Misato Cho, Jepang merayakan 25 tahun hubungan persahabatan dengan meningkatkan kerja sama melalui penandatanganan nota kesepahaman.

Perbekel Desa Mas Ubud Wayan Gede Dharma Yuda mengatakan dalam kerja sama di berbagai bidang ini diharapkan saling memberikan keuntungan kedua poihak, khususnya di bidang usaha pertanian, pariwisata, tenaga kerja, dan seni budaya.

"Kami ingin saling belejar, memberi, dan menerima untuk kemajuan kedua desa yang telah lama menjalin keakraban," katanya seusai menandatangani nota kesepahaman di Wantilan Pura Pule Mas, Ubud, Rabu (23/1/2019).

Menurut Dharma Yudha Desa Misato memiliki pemandangan indah dan sangat bersih. Dalam suatu lawatan ke Misato beberapa waktu lalu, Dharma Yudha juga mengamati pengelolaan sampah yang sangat sempurna. Pengolahan yang dimiliki membuat tempat pembuangan akhir hampir tidak terlihat sampah berserakan.

Kata dia Desa Misato sangat unggul di bidang pariwisata air panas yang membutuhkan tenaga terapis atau pelatih spa, tari, tenaga pertanian. Ia siap mengirimkan tenaga profesional dari Desa Mas untuk memenuhi kebutuhan Desa Misato, termasuk jika pemuda-pemudi mitra desanya itu ingin belajar tari ataupun seni patung akan dilayani dengan senang hati.

Kepala Desa Misato Cho Kado Takashi menyampaikan rasa kagum terhadap kehidupan bermasyarakat di Bali, begitu juga keindahan alamnya.

"Saat ini sudah banyak warga yang saling berkunjung baik ke Desa Mas atau Desa Misato untuk pertukaran pengetahuan atau tenaga di kedua pohak," ujarnya.

Ia berharap ke depan hubungan  kedua desa bisa langgeng dan dapat memberi kontribusi positif dalam perkembangan masing-masing negara.

Asisten I Setda Kabupaten Gianyar Wayan Suardana menyampaikan mendukung penuh kerja sama kedua desa, karena manfaat yang didapat sangat banyak dan juga berdampak baik bagi perkembangan pariwisata di Gianyar.(wan)