Bali Democracy Forum Dipindah Ke Banten

Kamis, 30 November 2017 : 17.02

JAKARTA (inibali.com) - Bali Democracy  Forum (BDF) yang rencananya di The Nusa Dua (7-8) Desember, akhirnya dipindah ke Indonesa Convention Exhibition (ICE) BSD, Tanggerang, Banten. Pemindahan ini diakibatkan erupsi Gunung Agung yang masih terjadi.

Kementerian Luar Negeri menyatakan perpindahan Bali Democracy Forum ke-10 ke luar Bali. "Bali Democracy Forum (BDF) yang diselenggarakan 7-8 Desember, rencananya akan kita laksanakan di Nusa Dua Bali, namun demikian bahwa aktifitas Gunung Agung terus berkembang, namun situasi kondisi secara umum adalah normal hanya saja dampak erupsi akan mengganggu penerbangan, dalam kaitan ini guna menjamin kenyamanan para delegasi yang akan menghadiri BDF maka pemerintah memutuskan tempat penyelenggaraan ke ICE BSD Tanggerang Banten," ujar Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Cecep Herawan, Kamis (30/11/2017).

Menurut Cecep, acara BDF ke-10 ini diadakan di Tanggerang untuk menjamin kenyamanan dan keamanan para delegasi terkait adanya erupsi Gunung Agung, selain itu jumlah partisipasi yang akan hadir ada 29 delegasi dari 16 Negara. 16 Negara yaitu, Iran, Jordan, Laos, Madgaskar, Maroko, Palestine, Papua Nugini, Filipina, Qatar, Samoa, Srilanka, Suriname, Timor Leste, Tunisia, dan tugmenista.

Kendati tempatnya pindah, namun semangat substasi konten Bali Demokrasi Forum 10 akan terus dimaintance. Jumlah partisipasi sejauh ini ada 29 delegasi yang akan hadir, 6 adalah organsisasi internasional. "Kepala Negara yang sudah Presiden Nauru, jumlah menteri yang hadir 16 pejabat setingkat menteri, 10 Wakil Menteri, sisanya tingkat Duta Besar," jelas Cecep.

Selain even BDF yang batal diselenggarakan di Bali, sejumlah even lain juga batal. Hal ini akibat pembatalan penerbangan akibat bandara tutup. Ribuan jadwal penerbangan sudah dibatalkan. *