Modul Paruh Bawah Burung GWK Mulai Dipasang

Rabu, 25 Oktober 2017 : 16.01


MANGUPURA(inibali.com) - Pengerjaan Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) terus dikebut. Keping demi keping modul patung dipasang. Dari 754 modul telah perpasang hingga, Rabu (25/10/2017) sebanyak 234 modul. Akhir Oktober ini ditarget jumlah modul terpasang 262 modul.

"Ke-28 keping modul itu terdiri dari 12 modul sayap dan 16 modul paruh bawah burung Garuda," ujar Nyoman Nuarta, penggagas GWK ini. Secara perlahan kini sosok Garuda Wisnu Kencana mulai terbentuk. Pada periode 25-31 November 2017, diharapkan sosok Garuda sudah terpasang di ketinggian 230 meter di atas permukaan laut (dpl). 

Selama ini proses pembuatan modul GWK dilakukan di Studio Nyoman Nuarta, dengan melibatkan ratusan seniman. "Sebanyak 120 seniman turut mengerjakan pemasangannya di Bali. Kami berharap GWK akan selesai pada bulan Agustus 2018. Tetapi kawasannya sebagai cultural park, masih terus akan dibangun dan dikembangkan," kata Nuarta. 

Sejak masa perencanaan dan perancangan Tahun 1989 sampai tahun 2017 kontruksi patung Garuda Wisnu Kencana telah berjalan 28 tahun. Kehadiran GWK ini nantinya selain menjadi landmark baru pariwisata Bali yang selama ini mengandalkan warisan, juga akan menjadi pembuktian bahwa di negara berkembang seperti Indonesia lahir mahakarya untuk dunia. 

"GWK akan jadi bukti bahwa kita berdaulat di bidang kebudayaan, dan kita harap kiblat kebudayaan dunia itu akan tejadi di GWK Cultural Park, karena di sini tidak hanya ada patung, tetapi juga forum-forum kebudayaan dunia," ujarnya. (*)