Sudikerta Minta BUMN Seimbangkan Pembangunan Bali

Rabu, 16 Agustus 2017 : 22.51

Jalan sehat HUT RI ke-72 bersama BUMN, Rabu (16/8/2017)
Jalan sehat dalam rangka BUMN Hadir Untuk Negeri di Provinsi Bali diikuti oleh tiga ribu peserta dari perwakilan 31 BUMN maupun masyarakat umum. Acara yang diselenggarakan di Lapangan Kantor ITDC-Kawasan Pariwisata The Nusa Dua, Rabu (16/8/2017) dibuka, Wakil Gubernur Bali, Ketut Sudikerta, Kepala Biro Umum dan Humas Kementerian BUMN Wahyu Wibowo, beserta Dirut ITDC Abdulbar M. Mansoer, Dirut Jasa Marga Desi Arryani, dan Dirut Surveyor Indonesia M Arif Zainudidin, sebagai BUMN pelaksana kegiatan.

Dalam sambutannya, Sudikerta meminta BUMN ikut dalam menjaga keseimbangan pembangunan di Bali. Dikatakan, HUT RI ke-72 wajib hukumnya diisi dengan progran pembangunan. Iapun menghimbau BUMN di Bali untuk melakukan pembangunan yang seimbang. "Momentum ini jangan kita sia-siakan. Kedepan kita harus selaraskan pembangunan  Bali Utara dan Selatan," ujarnya.

Iapun menawarkan lahan seluas 600 hektar milik pemda Bali di Buleleng Barat untuk dikerjasamakan dengan BUMN khususnya ITDC. "Kami minta lakukan komitmen kita untuk membangun Bali Utara. Kita juga sudah merencanakan tol yang mengubungkan Bali Utara-Selatan, Bali Timur-Barat," sebutnya.

Dirut ITDC, Abdulbar M. Mansoer, merespon positif ajakan untuk membangun Bali Utara. "Kita berminat sekali, terbukti di Selatan sangat menjanjikan, apalagi di Utara yang pasarnya masih sangat terbuka. Yang penting legalitasnya kita selesaikan dulu," ujarnya.

Jalan Sehat HUT RI ke-72
Jalan sehat sepanjang 5 km dengan menempuh rute di dalam Kawasan ITDC merupakan rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Provinsi Bali Tahun 2017. Keunikan jalan sehat 5 km kali ini yaitu penampilan Cak Kepung saat pembukaan jalan sehat, tarian khas Bali yang menggambarkan kemegahan dan kemeriahan budaya lokal. Menariknya, dalam acara jalan sehat juga diramaikan dengan pameran produk-produk kerajinan dari bahan daur ulang yang diproduksi siswa disabilitas dari SLB 2 Denpasar. 

Dalam kesempatan yang sama, juga diselenggarakan penanaman 20 varietas pohon langka. Masing-masing direktur utama secara simbolis menanam pohon langka di sekitar area jalan sehat.

Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani usai gerak jalan sehat dan penanaman pohon menjelaskan bahwa program BUMN Hadir untuk Negeri ini guna memberikan kontribusi maksimal kepada masyarakat. Program ini diinisiasi oleh Kementerian BUMN yang telah berjalan selama 3 tahun. Dalam kesempatan ini perusahaan-perusahaan BUMN hadir ditengah-tengah masyarakat untuk memperkenalkan keberadaannya yang melakukan bisnis diberbagai sektor baik itu jasa, industri, makanan dan minuman. "Program setiap 17 Agustus memang selalu ada," katanya.

Program BUMN Hadir Untuk Negeri telah berlangsung secara berkesinambungan dan serentak sejak tahun 2015 di seluruh provinsi di Indonesia. Pada tahun ini, tiga BUMN bersinergi melaksanakan Program BUMN Hadir Untuk Negeri tahun 2017 di Provinsi Bali. PT Jasa Marga (Persero) Tbk (Jasa Marga), PT Surveyor Indonesia (SI) dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) hadir dengan empat kegiatan, yang terdiri dari, Siswa mengenal nusanatara, Jalan Sehat 5 Km, Upacara Bendera 17 Agustus, Bedah Rumah Veteran dan Penghargaan Mantan Atlet Berprestasi

Diharapkan melalui Program BUMN Hadir Untuk Negeri, dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme untuk menjaga keragaman budaya dan kekayaan intelektual serta belajar kearifan lokal sesuai slogan BUMN Hadir Untuk Negeri di Provinsi Bali, Majulah generasi muda Indonesia, raih impian dan kepakan sayap-sayap baktimu dalam menyongsong Indonesia gemilang. (wid)