Denfest 2016, Saatnya Berwisata Akhir Tahun Di Tengah Kota Denpasar

Kamis, 29 Desember 2016 : 10.40

Walikota Rai Mantra Lepas Anak Panah ‘Swalawara Sri Rama’
DENPASAR (inibali.com) - Denpasar Festival (Denfest) kembali digelar di penghujung Tahun 2016. Pembukaan Denfest ke-9 ini ditandai dengan pelepasan anak panah ‘Swalawara Sri Rama’ ke arah bunga padma oleh Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra, Rabu (28/12/2016).

Dalam pembukaan Denfest yang dihadiri ribuan masyarakat Denpasar serta wisatawan itu diawali dengan penampilan dari anak-anak TK se-Kota Denpasar yang dilanjutkan dengan penampilan Tari Padmaksara. 

Rai Mantra mengatakan, pelaksanaan Denfest kali ini lebih banyak menampilkan kreasi dari anak-anak. Pada intinya, kata dia, Denfest lebih mengutamakan memberikan ruang pada pembangunan ekonomi kreatif sehingga dapat meningkatkan daya saing ekonomi lokal. 

Ketua Panitia Penyelenggara AA Oka Swetja mengatakan, Denfest yang dilaksanakan menghadirkan puncak-puncak ekspresi serta kreativitas masyarakat Kota Denpasar. Hal ini terjawantahkan melalui ragam seni budaya, ragam kuliner, ragam tekstil, ragam florikultura, ragam kreativitas komunitas serta berbagai ragam potensi dan produk unggulan. 

Lebih lanjut Oka Swetja menambahkan sebagai ranah aktivitas dan komunikasi publik, Denfest mengedepankan ruang dialog publik yang dikemas dalam berbagai bentuk informasi ataupun dalam berbagai ragam agenda. Untuk Denfest ke-9 ini mengangkat tema ‘Padmaksara’ merupakan pemaknaan bahwa Denfest merupakan rekayasa kebudyaan yang berakar dari padmaksara.

Menurutnya, padmaksara yang menonjolkan strategi baru dalam pembangunan Kota Denpasar oleh Walikota dan Wakil Walikota terpilih 2016-2021 yang bisa dimaknai mandala kekuatan dalam mengayomi segenap dinamika Kota Denpasar.

Selama berlangsungnya even masyarakat dan wisatawan bisa mencicipi aneka kuliner di Kota Denpasar. Bahkan even yang sudah masuk agenda even nasional ini dipastikan selalu penuh dengan pengunjung.

Denfest akan digelar sebagai agenda akhir tahun dengan malam puncak pada malam pergantian Tahun 2016 ke 2017. Denfest ini juga akan menjadi pusat perayaan pergantian tahun di Kota Denpasar. (wid)