ITDC Gelar Sayembara Brand Nusa Dua Berhadiah Rp 50 Juta

Jumat, 30 September 2016 : 08.26

ITDC menggelar sayembara untuk mencari brand Nusa Dua, Kamis (29/9/2016)

NUSA DUA (inibali.com) - Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menggelar sayembara brand untuk Nusa Dua. Destinasi bertaraf internasional selama 42 tahun ini dinilai belum memiliki "branding" untuk media promosi pariwisata. Tidak dipungkiri jika suatu daerah tujuan wisata sangat membutuhkan media promosi kreatif dalam berbagai bentuk sebagai ikon yang dapat menjadikan ciri khas dari destinasi tersebut. Demikian halnya Nusa Dua meski telah dikenal dunia internasional namun masih memerlukan suatu media untuk berpromosi.

Direktur Operasional Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), AA Ngurah Wirawan mengatakan sejak puluhan tahun menjadi destinasi wisata dunia, Nusa Dua belum memiliki branding maupun oleh-oleh khas kawasan setempat. "Maka kami perlu memproduksi produk merchandise yang memiliki ciri khas Nusa Dua," katanya kepada awak media di Kantor ITDC Nusa Dua, Badung, Kamis (29/9/2016).

Pihaknya mengundang masyarakat yaitu generasi kreatif untuk ikut terlibat mengangkat potensi Nusa Dua dalam berbagai kreativitas seni yang langsung mengarah pada produk-produk desain. Nantinya desain-desain yang dihasilkan generasi kreatif tersebut akan diaplikasikan dalam berbagai bentuk produk dan merchandise sehingga dapat menjadi media promosi terhadap para pengunjung dan tamu di sekitar Nusa Dua.

"Kami ingin coba menggali potensi dari seniman-seniman Bali maupun luar Bali yang mungkin memiliki kenangan dan persepsi dan image yang bisa diterjemahkan menjadi sebuah desain produk. Branding ini penting, kita perlu bagaimana orang tahu kami. Kami yakin konsep artis atau seniman bisa menghasilkan karya yang menjadi ekspresi pemikiran mereka tentang Nusa Dua," papar Wirawan.

Dia menyatakan tidak bijak jika ITDC sendiri yang membuat desain tersebut. Untuk itu ITDC mengajak masyarakat umum baik seniman mengikuti lomba membuat desain produk yang akan dijadikan branding "Pesona Nusa Dua". Pihak ITDC menyediakan hadiah total Rp 50 juta untuk para jawara.

"Kami harap masyarakat atau warga Bali, kelompok kreatif bisa berpartisipasi mengikuti lomba ini dan bisa memberikan skenario gambar yang akan diproduksi sebagai merchandise oleh-oleh khas Nusa Dua. Kami juga mengadakan lomba desain Maskot Nusa Dua Fiesta 2016 dengan menggunakan bentuk binatang seperti tupai," jelasnya.

Lebih lanjut Wirawan memaparkan desain produk tersebut adalah desain yang mencerminkan Pesona Kawasan Pariwisata Nusa Dua dengan menonjolkan typografi kawasan setempat dan desain dapat diaplikasikan dalam bentuk produk berupa T shirt, mugs, gantungan kunci dan lainnya.

Sedangkan untuk desain Maskot Nusa Dua dikatakannya obyek Maskotnya adalah tupai yang mencerminkan karakteristik Kawasan Pariwisata Nusa Dua yang berkelas internasional dan Maskot terkait dengan penyelenggaraan Nusa Dua Fiesta 2016 pada Nopember mendatang. "Menggunakan tupai sebagai Maskot karena binatang tersebut sangat banyak ditemukan di Kawasan Pariwisata Nusa Dua yang ekosistemnya sangat terjaga sebagai kawasan Green Tourism," sebutnya. (wid)