Balap Jukung Awali Pembukaan SVF 2016

Rabu, 24 Agustus 2016 : 23.33

Balap jukung awali pelaksanaan Sanur Village Festival 2016, Rabu (24/8/2016)
SANUR (inibali.com) - Meski sempat mundur dari jadwal start dikarenakan kondisi air yang masih surut, para peserta kompetisi balap jukung tetap semangat dalam berkompetisi meraih juara di SVF tahun ini. Setidaknya 25 Jukung ambil bagian dalam kompetisi yang digelar sebagai bagian dari SVF yakni Sanur Jukung Festival.

Dilepas di Pantai Segara Ayu Sanur oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar Wayan Gunawan, seluruh peserta memulai race dengan menuju lautan lepas ke arah selatan selanjutnya kembali lagi ke garis finish juga di Pantai Segara Ayu Sanur. Tidak ada perbedaan tahun ini bila dibandingkan tahun kemarin, seluruh peserta mendapat kemudahan membentangkan layar dengan cuaca yang sangat bagus.

Ida Bagus Wisnu Diwangkara Koordinator umum mengatakan, Sanur Jukung Festival adalah salah satu program unggulan dari SVF. Kemasan festival yang ditandai dengan selebrasi kebersamaan dalam berlomba menjadikan event ini sangat meriah. Peserta tahun sekarang masih sama seperti tahun yang lalu, yakni diikuti 5 kelompok sekaa Jukung yang ada di Sanur. Tampilan di hari pertama tepat di pembukaan Festival menjadi warna tersendiri bagi SVF 2016.

Lebih lanjut menurut Gus Wisnu, panggilan akrab koordinator umum ini, persaingan setiap tahun selalu memberikan respon positif, dimana disamping olah ketrampilan mengemudikan jukung juga bagaimana ia menaklukkan arus laut yang kadang berubah setiap saat. Dalam kompetisi tahun ini kelompok 5 menyabet seluruh juara sebagai juara I diraih I Wayan Suwena dengan nomor perahu 100. Juara II I Wayan Gara Nomor perahu 1. Juara III I Nyoman Metra nomor perahu 117.  Sedangkan untuk juara harapan masing-masing I Made Ardika dari kelompok 3, Oka Sulaksana dari kelompok 4 dan Wayan Turis dari kelompok 3.

Sepertinya kelompok lain harus mengiklaskan tahun ini kelompok 5 menyapu bersih predikat juara. Tahun lalu persaingan yang ketat sesama kelompok jukung, dan tahun ini bisa dipatahkan sapu bersih oleh kelompok jukung 5 Sanur. Selanjutnya para juara akan mendapatkan tropi dan hadiah uang tunai dari Sanur Village Festival. (wid)