Bali Hasilkan 90 Persen Merigold Nasional

Selasa, 17 Mei 2016 : 14.47
MERIGOLD-Direktur PT East West Seed Indonesia (Ewindo), Afrizal Gindow bersama Nyoman Warsa, Selasa (17/5/2016) saat acara Marigold Expo 2016 di Subak Guama Marga Tabanan

TABANAN (inibali.com) - Bali ternyata menjadi penghasil dan konsumen bunga merigold (gumitir) terbesar di Indonesia. Lebih dari 90 persen produksi merigold nasional ada di Bali hal ini tak lepas bunga jenis ini sangat erat hubungannya dengan ritual di Bali.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur PT East West Seed Indonesia (Ewindo), Afrizal Gindow, Selasa (17/5/2016) saat acara Marigold Expo 2016 di Subak Guama Marga Tabanan. Afrizal mengungkapkan potensi pasar merigold di Bali sangat besar. Petani bisa mendapat penghasilan yang besar terhadap komuditi ini. “Market Bali ini mencapai 90 persen market merigold nasional,” ujarnya saat mendampingi para delegasi merigold dari Asia Tenggara dan juga India.

Disebutkan, sebagai perusahaan benih dengan merek dagang Cap Panah Merah, pihaknya sangat konsen terhadap penyediaan bibit merigold di Bali. Bahkan sejumlah bibit merigold terus dibuat sesuai dengan kondisi alam dan kebutuhan market. “Kami memiliki sekitar 18 nomer dan 6 diantaranya cocok untuk Bali. Minimal ada 3 varian akan diajukan untuk Bali,” imbuhnya.

Afrizal mengatakan dengan bibit unggul, tiap pohon merigold bisa menghasilkan sekitar 1,2 kilogram bunga. Diperkirakan harga satu biji bibit merigold sangat murah dikisaran Rp 550. “Tanaman merigold bisa menghasilkan Rp 12.000 per pohon. Jika punya petani punya 1.000 pohon maka hasilnya bisa mencapai 12 juta per panen,” sebutnya.

Salah seorang Petani Subak Guama, Nyoman Warsa yang biasa dipanggil Pak Diana mengaku memiliki hubungan yang sangat erat dengan perusahaan nasional ini. Dirinya mengaku banyak sekali mendapat pendampingan dan pembinaan dari Panah Merah. Tak mengherankan saat kunjungan ke demplot tersebut suasana pun sangat cair. “Bapak masih ingat saya kan,” ujarnya saat pertama kali bertemu dengan Afrizal Gindow. (wid)