NYEPI DI BALI: Tutup 3 Hari, Perbankan Optimalkan ATM

Senin, 07 Maret 2016 : 06.42

ATM Center (Foto: surfkorea.co.kr)
DENPASAR (inibali.com) —Kantor perbankan di Bali tutup selama 3 hari, mulai Selasa (8/3) hingga Kamis (10/3), terkait perayaan Nyepi Tahun Baru Saka 1938.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Dewi Setyowati akhir pekan lalu mengatakan sudah membuat surat edaran libur untuk perbankan di Pulau Dewata tersebut.

Bank sentral tersebut telah menyampaikan edaran libur tersebut kepada pimpinan bank umum di Pulau Dewata pada tanggal 25 Januari 2016.

Hal tersebut berdasarkan Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 003.1/5562/BKD pada tanggal 1 Oktober 2015 terkait dengan libur nasional, cuti bersama, dan dispensasi hari raya suci Hindu di Bali pada tahun 2016.

Rangkaian Hari Raya Nyepi diawali dengan ritual Tawur Kesanga pada Selasa (8/3), ritual mecaru dan dilanjutkan dengan pawai ogoh-ogoh atau patung raksasa bersifat buruk yang harus dieliminasi, hingga Nyepi berakhir pada hari Kamis (10/3) dengan ritual Ngembak Geni.

Untuk itu, BI meminta bank umum di Bali memastikan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) berfungsi dengan baik dan ketersediaan dana di ATM terjaga dan mencukupi sebelum dan setelah Nyepi.

BI tidak memberikan sanksi kepada bank umum yang tidak memenuhi pelayanan tersebut. Namun, sanksi sosial dari masyarakat atau nasabah yang kecewa akan jauh lebih besar apabila perbankan tersebut tidak memberikan pelayanan baik.

"Masyarakat yang akan menilai karena itu menyangkut reputasi bank," katanya.(Bisnis.com/wan)