KREDIT USAHA RAKYAT: Distribusi, BRI Siap Gandeng BPR

Selasa, 15 Maret 2016 : 20.09

DENPASAR (inibali.com) - Bank Rakyat Indonesia siap bekerja sama dengan bank perkreditan rakyat untuk menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) di Bali.

"Kami ke arah sana (kerja sama dengan BPR) ada. Kami siap," kata Pemimpin Wilayah BRI Denpasar Fankar Umran, Selasa (15/3/2016).

Meski demikian, hingga saat ini belum ada BPR di Bali yang mengajukan kerja sama dengan bank berpelat merah itu.

Menurut dia, pihaknya tidak bisa membendung apabila nasabah BPR yang sebelumnya menjadi debitur kini beralih ke bank umum penyalur KUR karena bunga yang ditetapkan saat ini sudah menurun mencapai sembilan persen.

Selain bekerja sama dengan bank umum penyalur KUR, ia juga mengharapkan agar melalui Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Bali meminta Pemerintah Pusat memberikan jatah penyaluran KUR sendiri.

Ketua Perbarindo Bali I Ketut Wiratjana ditemui di Denpasar saat acara Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan yang digelar OJK beberapa waktu lalu mengakui ada peralihan nasabah BPR ke bank umum penyalur KUR.

Pihaknya kini telah mengadakan bahasan dengan pemerintah untuk menyempurnakan mekanisme penyaluran KUR sehingga bisa dengan bunga 9%.

"Sudah ada sinyal tapi belum ketemu angka untuk jalankan KUR itu. Kami masih berjuang juga," katanya.

Selama ini, lanjut dia, besaran bunga KUR BPR di Bali mencapai 15%-18%.

Sementara itu Kepala OJK Regional Bali-Nusa Tenggara, Zulmi, sebelumnya telah memanggil petinggi bank umum penyalur KUR untuk menjalin kerja sama dengan BPR.(wan/ant)