Gianyar Operasikan Bus Sekolah, Gratis untuk Siswa

Senin, 07 Maret 2016 : 06.52

Bupati Gianyar AA Gde Bharata saat peluncuran bus sekolah. (Foto Humas Pemkab Gianyar)
DENPASAR (inibali.com)—Setelah Hari Raya Nyepi, Pemkab Gianyar akan mengoperasikan bus sekolah.

Untuk tahap awal, sebanyak empat unit bus dari total 7 unit, akan dioperasikan terlebih dulu sebagai langkah uji coba. Rencananya, uji coba tersebut dilakukan di empat kecamatan yakni Payangan, Tampaksiring, Ubud dan Balahbatuh.

"Kami sudah membicarakan pengoperasiannya dengan Organda Gianyar‎ untuk detil proses operasional," kata Kadis Perhubungan dan Infokom Gianyar Cokorda Rai Widiara, Minggu (6/3/2016).

Saat ini, insfrastruktur bus seperti halte, saat ini sudah mulai rampung dikerjakan. Gianyar akan melihat animo masyarakat terhadap keberadaan bus ini.

Dia menjelaskan ada kesepakatan untuk pengemudi dan asisten pengemudi perempuan, tenaganya akan disiapkan oleh pihak Organda Gianyar, karena memerlukan keahlian khusus. Selain itu, rute yang akan dilalui oleh bus sekolah ini secara teknis akan dibahas Organda Gianyar bersama dengan Dishub dan Infokom.

Sosialisasi ke sekolah-sekolah akan segera dilakukan sebelum operasional dimulai. Nantinya, operasional bus mulai pukul 06.00 pagi hingga pukul 18.00 untuk antar-jemput gratis anak-anak sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Gianyar, sesuai dengan jalur dan halte bus yang telah disiapkan.

Ketua Organda Gianyar Wayan Ari Semadi mengaku telah menyiapkan segala hal agar keberadaan bus sekolah ini tidak “bertabrakan” dengan angkutan umum. Apabila ujicoba berjalan lancar, pihaknya akan mendorong pengoperasian tiga bus yang belum beroperasi.(Bisnis.com/wan)