Kadin, Genjot Infrastruktur untuk Pemerataan Bali

Rabu, 17 Februari 2016 : 22.46



Bali Utara, Timur dan Barat harus segera dibangun sehingga ada pemerataan. Bahkan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bali meminta Pemerintah Propinsi Bali segera membangun proyek infrastruktur. Ketimpangan pembangunan ini membuat beban Bali Selatan makin tinggi.

Ketua Umum Kadin Bali Anak Agung Ngurah Alit Wiraputra, menyatakan ketimpangan pembangunan antar wilayah sudah semakin mendesak untuk segera diatasi agar tidak menyebabkan jurang ketimpangan. "Lima tahun ke depan pembangunan Bali harus diarahkan dan diutamakan ke Bali Timur, Barat, dan Utara sehingga terjadi pemerataan," ujarnya usai Rapimprov Kadin Bali, Rabu (17/2/2016).

‎Untuk itu, Kadin Bali meminta pemda segera mewujudkan pembangunan jalan tol serta bebas hambatan dari selatan ke barat, dan utara serta timur. Kelancaran dan jarak tempuh lebih cepat akan dapat membantu memperlancar arus transportasi dari selatan ke berbagai daerah.

‎Alit menuturkan realisasi infrastruktur tol penghubung akan secara otomatis berdampak terhadap iklim investasi. Sekarang ini, investor enggan menanamkan modalnya keluar dari Bali Selatan karena pertimbangan sulit akses.

Dewan Penasehat Kadin Bali, Ketut Sudikerta menegaskan sejumlah infrastruktur di Bali menjadi fokus pembangunan. Proyek yang tengah digenjot pemerintah antara laun, jalan tol, underpass bandara, stadion internasional hingga realisasi bandara di Bali Utara. " Sejumlah proyek infrastruktur menjadi prioritas pembangunan Bali Mandara," tegasnya. (wid)