Setiap Pekan Ada Kapal Pesiar Merapat di Pelabuhan Benoa

Selasa, 22 Desember 2015 : 09.01

Kapal pesiar merapat di Pelabuhan Benoa. (Foto: Google)
DENPASAR (inibali.com) -Sebanyak 56 unit kapal pesiar dari berbagai negara sudah berlabuh di Pelabuhan Benoa, pada rentang waktu Januari-Desember 2015. Jika dirata-ratakan, seminggu sekali ada kapal pesiar mampir ke Bali.

Menurut GM Pelindo III Cabang Pelabuhan Benoa Ali Sodikin, jumlah tersebut tidak mencapai target tahun ini 60 unit kapal, diakibatkan sejumlah kapal membatalkan kedatangan.

"Alasan pembatalan kami kurang jelas, tetapi kemarin memang sempat gelombang tinggi sehingga beresiko menurunkan penumpang dan mereka pilih cancel," ujarnya, Senin (21/12/2015).

Alasan lain yang diduga menyebabkan sejumlah kapal membatalkan kedatangan, karena ukurannya terlalu besar untuk berlabuh di dermaga Pelabuhan Benoa. Pada saat ini, pelabuhan terbesar di Bali ini baru sanggup menampung satu unit kapal pesiar akibat keterbatasan panjang dermaga.

Pelindo III saat ini dalam proses mengerjakan perpanjangan dermaga agar dapat menamung dua unit kapal pesiar. Target penyelesaian proyek perpanjangan tersebut baru dapat terealisasi pada 2016.

Ali menyatakan meskipun jumlah unit kapal lebih rendah dari target, tetapi‎ mereka tetap bangga karena jumlah penumpang mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Total wisman yang sudah melewati pelabuhan ini sebanyak 63.277 orang, dan sebagian besar berasal dari Australia.

Adapun tahun lalu, jumlah wisman yang melewati Pelabuhan Benoa sebanyak 34.903 orang.